Kapolri baru diminta lakukan pendekatan persuasif dan penegakan hukum tegas dalam wujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat di tengah wabah COVID-19.
Jakarta (ANTARA) - Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Indriyanto Senoadji yakin penunjukan Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri oleh Presiden Joko Widodo telah melalui prosedur di internal Korps Bhayangkara.

"Dipastikan penunjukan Komjen Pol.  Listyo Sigit telah memenuhi persyaratan dari internal kelembagaan Wanjakti Polri, bahkan juga Kompolnas sebagai kelembagaan eksternal, baik syarat kapabilitas, integritas, maupun kompetensi beliau sebagai calon Kapolri," ujar Indriyanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Indriyanto meminta masyarakat untuk tidak meragukan kemampuan Kepala Bareskrim Polri itu.

Menurut dia, Listyo memiliki kemampuan mumpuni di bidang reserse kriminal yang merupakan karakteristik dan garda depan penegakan hukum Polri.

"Jadi, tidak perlu diragukan kemampuan operasional penegakan hukum dan manajerial sumber daya manusia kelembagaan Polri," katanya.

Baca juga: Pengamat: Komjen Pol Listyo Sigit sosok yang dekat dengan ulama

Indriyanto melihat tantangan Listyo Sigit ke depan sebagai pemimpin di Polri yakni masih mengenai pandemi COVID-19.

Ia menyarankan agar Listyo menggunakan pendekatan persuasif dan penegakan hukum tegas dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat di tengah wabah yang berlangsung sejak Maret 2020.

"Baik terhadap pelaksanaan ketat protokol kesehatan COVID-19, pula atensi pada persiapan pilkada serentak, dan gangguan keamanan terkait dengan sikap gerak radikalisme yang menciptakan instabilitas kekuasaan negara yang sah," ujarnya.

Mantan Wakil Ketua KPK ini juga mengingatkan agar ke depan Polri tetap menjaga komunikasi dengan elemen media, lembaga swadaya masyarakat, dan tokoh masyarakat sebagai pilar penguatan negara.

Baca juga: Komisi III berharap Listyo Sigit bawa pembaharuan di Polri

Sebelumnya, Jokowi telah mengajukan nama Listyo ke DPR sebagai calon tunggal Kapolri.

"Surpres telah kami terima. Bapak Presiden mengajukan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal, yaitu Bapak Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim di Polri," kata Ketua DPR RI Puan Maharani.

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021