Riau kembali dapat kiriman 22.840 dosis vaksin COVID-19

Riau kembali dapat kiriman 22.840 dosis vaksin COVID-19

Sejumlah petugas Brimob bersenjata mengawal mobil PT Biofarma untuk menurunkan vaksin COVID-19 di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Selasa (5/1/2021). Riau mendapat kiriman 20.000 dosis vaksin Sinovac dari kuota empat juta dosis Vaksin COVID-19, dan untuk tahap awal akan diprioritaskan untuk seluruh tenaga kesehatan. ANTARA/FB Anggoro

Pekanbaru (ANTARA) - PT Biofarma mengirimkan vaksin COVID-19 tahap kedua untuk Provinsi Riau, yang dijadwalkan tiba di Kota Pekanbaru pada Rabu pukul 17.00 WIB.

"Jumlahnya ada 22.840 dosis," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir kepada ANTARA di Pekanbaru.

Ini adalah pengiriman vaksin Sinovac kedua yang diterima Riau, setelah pada awal Januari lalu tahap pertama sudah tiba sebanyak 20.000 dosis. Dengan begitu, total vaksin COVID-19 yang diterima Riau ada sebanyak 44.840 dosis.

Pengiriman vaksin tahap dua sama seperti sebelumnya yakni menggunakan truk pengangkut milik PT Biofarma lewat jalur darat, yang dikawal puluhan personel Polri bersenjata. Vaksin tersebut akan ditempatkan di Gudang Vaksin Unit Pelaksana Teknis (UPT) Farmasi dan Logistik Dinkes Riau di Pekanbaru.

"Vaksin tahap dua sekitar jam 5 sore ini sampai di instalasi farmasi dan logistik Dinkes Riau," kata Mimi.

Baca juga: Gubernur dan Wagub Riau tidak bisa ikut vaksin COVID-19
Baca juga: Vaksin COVID-19 mulai didistribusikan ke kabupaten dan kota di Riau


Di tempat tersebut vaksin ditempatkan di ruangan yang diatur suhunya berkisar 2 hingga 8 derajat Celsius untuk menjaga kualitas vaksin. Kemudian dari sana baru vaksin didistribusikan ke kabupaten dan kota diseluruh Riau.

Ia mengatakan vaksin tahap pertama sudah didistribusikan ke tiga kabupaten dan kota, yakni sebanyak 15.240 dosis/ampul. Daerah tersebut antara lain Kota Pekanbaru sebanyak 11.040 dosis, Kabupaten Kampar 2.400 dosis, dan Kabupaten Pelalawan 1.800 dosis.

"Untuk jadwal vaksinasi di tiga daerah tersebut dijadwalkan tanggal 14 Januari," ujarnya.

Vaksin yang ada diprioritaskan untuk tenaga kesehatan di Riau yang sesuai data terakhir ada sebanyak 35.985 orang.

Selain itu, vaksinisasi perdana juga akan diberikan kepada tokoh-tokoh yang pada tanggal 14 Januari akan dilakukan di dua tempat di Kota Pekanbaru, yakni di RSUD Arifin Achmad dan Puskesmas Rejosari.

Di RSUD Arifin Achmad akan ada 14 tokoh publik yang akan mengikuti vaksinasi perdana. Diantaranya adalah Kapolda Riau Irjen Pol Agung Imam Setya Effendi, Danrem 031 Wira Bima Brigjen TNI Muhammad Syech Ismed, Kadis Kesehatan Riau Mimi Nazir, Juru Bicara COVID-19 dr Indra Yovi, Dirut RSUD Arifin Achmad Nuzelly Husnedi, dan Plh Sekdaprov Riau Masrul Kasmy.

Baca juga: 22.000 dosis vaksin COVID-19 untuk Riau tiba di Pekanbaru
Baca juga: 22.000 vaksin COVID-19 Biofarma untuk Riau dikirim via jalan darat

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Vaksin Sinovac 94 persen efektif cegah COVID-19 bergejala

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar