Tentu ketika pemimpin dan para tokoh di masyarakat menunjukkan secara langsung bahwa vaksinasi COVID-19 ini aman dan halal....
Jakarta (ANTARA) - Humas Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Halik Malik mengatakan bahwa contoh yang ditunjukkan oleh Presiden Joko Widodo dan Raffi Ahmad bersama tokoh-tokoh lain sebagai penerima pertama vaksin COVID-19 akan mampu menggerakkan kepercayaan masyarakat untuk ikut menjalani vaksinasi dalam upaya menghentikan pandemi.

Vaksinasi COVID-19 di Indonesia dimulai hari ini dengan Presiden Joko Widodo, para menteri dan tokoh, serta selebritas Raffi Ahmad mendapatkan kesempatan pertama penerima vaksin virus corona.

Baca juga: Raffi Ahmad jalani vaksinasi perdana COVID-19 di Istana Kepresidenan

"Jadi bahwa presiden dan tokoh masyarakat kemudian influencer itu memiliki otoritas, memiliki pengaruh dan juga kekuatan untuk menggerakkan seluruh komponen masyarakat lainnya untuk bersama-sama menyukseskan vaksinasi COVID-19 ke depan," kata Halik saat dihubungi ANTARA, Rabu.

Kesediaan Jokowi dan Raffi merupakan sebuah bukti bahwa vaksin COVID-19 aman dan halal. Pasalnya, selama ini banyak beredar informasi tidak benar yang menyatakan bahwa vaksin COVID-19 tidak halal dan dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya.

"Tentu ketika pemimpin dan para tokoh di masyarakat menunjukkan secara langsung bahwa vaksinasi COVID-19 ini aman dan halal, sudah bisa digunakan, itu mampu menjawab keraguan yang ada di masyarakat," ujar Halik.

Baca juga: Darius Sinathrya ingin disuntik vaksin bila sudah ada kesempatan

PB IDI sendiri sangat mendukung keputusan Jokowi dan keterlibatan Raffi Ahmad untuk menerima vaksin pertama. Halik berharap vaksinasi yang berlangsung hari ini dapat menyukseskan tujuan pemerintah untuk membuat masyarakat kebal terhadap virus corona.

"Semoga kegiatan vaksinasi ke depan bisa berjalan lancar dan sukses sampai mencapai tujuan utama vaksinasi COVID-19 supaya tercapai kekebalan secara menyeluruh di masyarakat," kata Halik.

Setelah mendapatkan vaksin di Istana Kepresidenan, Raffi Ahmad pun berpesan agar masyarakat tidak takut untuk divaksin COVID-19. "Apa yang perlu ditakutin? Vaksin baik untuk kita, untuk keluarga dan untuk Indonesia," kata Raffi.

Baca juga: Disuntik vaksin COVID-19, Raffi Ahmad acungkan jempol

Baca juga: Raffi Ahmad divaksin, Nagita Slavina ajak Rafathar nonton bareng

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021