Jakarta (ANTARA) - Bayer Leverkusen resmi merekrut pemain bertahan Timothy Fosu-Mensah dari Manchester United dengan ikatan kontrak berdurasi tiga setengah tahun, kata klub Jerman itu melalui laman resminya. "Ini merupakan langkah menuju liga yang sangat kuat, yang benar-benar menarik di mana Bayer telah menjadi salah satu tim terbaik selama bertahun-tahun," kata Fosu-Mensah kepada laman resmi klub.

"Saya tidak sabar untuk bergabung dengan tim ini. Dalam beberapa hari terakhir saya telah berbicara banyak dengan pelatih dan perbincangan-perbincangan dengan Simon Rolfes dan Rudi Voeller telah meyakinkan saya bahwa terdapat prospek hebat di Leverkusen," tambahnya.

Fosu-Mensah menjadi pemain ketiga United yang hengkang pada bursa transfer Januari ketika manajer Ole Gunnar Solksjaer terus berusaha merampingkan skuadnya untuk bersaing merebut gelar juara. Kedua klub tidak mengumumkan besaran transfer namun diyakini berada pada kisaran 1,5 juta pound.

Baca juga: Timothy Fosu-Mensah merapat ke Bayer Leverkusen

Pemain Belanda 23 tahun didikan akademi United dan naik kelas ke tim utama pada 2016 itu mencatatkan 30 penampilan kompetitif dalam semua kompetisi untuk klub. Ia kesulitan mendapatkan kesempatan bermain reguler dari sejumlah manajer yang pernah menukangi Setan Merah.

Meski tampil sebanyak delapan kali di Liga Inggris pada musim debutnya, Fosu-Mensah selanjutnya hanya mampu melipat gandakan catatan itu selama sisa kariernya di Old Trafford.

Dia merupakan pemain pengganti yang tidak terpakai saat United menang atas Ajax Amsterdam pada final Liga Europa 2017 setelah dimainkan pada leg pertama perempat final ketika mereka bermain imbang 1-1 dengan Anderlecht.

Fosu-Mensah kemudian dipinjamkan ke Crystal Palace di mana ia tampil baik untuk mendapat kepercayaan dipanggil masuk timnas Belanda.

Dia kemudian menghabiskan musim 2018/2019 sebagai pemain pinjaman di Fulham, namun kemudian kembali ke United dan kesulitan bersaing memperebutkan kesempatan bermain musim lalu.

Baca juga: Manchester United persilahkan Fosu-Mensah cari klub baru

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021