Iya SK (surat keputusan) sudah dikirim ke Pemda DKI
Jakarta (ANTARA) - Istana Kepresidenan menunjuk Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta.

Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono di Jakarta, Kamis, mengatakan sudah keluar Keputusan Presiden (Keppres) tentang hal itu dan telah dikirim ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Iya SK (surat keputusan) sudah dikirim ke Pemda DKI dan kewenangan melantik ada di Gubernur," kata Heru saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Kamis.

Meski sudah mengirimkan SK Keppres terkait pelantikan Marullah, Heru mengaku belum mengetahui secara pasti jadwal pelantikan, meski informasi yang didapatkannya yang bersangkutan akan dilantik pada Jumat (15/1).

"Jadwal kapannya saya belum tahu tapi dengar-dengar besok Jumat (15/1)," ujar Heru.

Baca juga: BKD DKI telah serahkan tiga nama calon Sekda ke Pemerintah Pusat

Sebelumnya, informasi Marullah Matali terpilih sebagai Sekda DKI dan akan dilantik pada Jumat (15/1) dibenarkan oleh Anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Syarif.

"Iya sudah dipilih sejak Senin. (SK-nya) sudah keluar dan jadwal pelantikan kemungkinan besok Jumat (15/1)," kata Syarif .

Marullah Matali diketahui pernah meraih nilai tertinggi dalam tahapan seleksi Sekda DKI Jakarta. Dalam tes asesmen kompetensi, Marullah meraih nilai 82,22 dan mendapatkan bobot sebesar 20,56 persen.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya, mengajukan tiga nama aparatur sipil negara (ASN) sebagai calon Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta.

Para ASN yang diajukan Anies adalah Penjabat (Pj) Sekda DKI Sri Haryati, Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matali dan Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Sigit Wijatmoko.

Baca juga: DKI lelang jabatan Sekretaris Daerah secara nasional

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021