Tallinn, Estonia--(Antara/Business Wire)- Kendaraan Tempur Robotik (Robotic Combat Vehicle/RCV) kelas menengah Type-X buatan pengembang sistem robotika dan otonom terkemuka Eropa Milrem Robotics lulus uji mobilitas awalnya. 

Untuk melihat rilis pers multimedia selengkapnya, klik di sini: https://www.businesswire.com/news/home/20210112005037/en/

Type-X akan menjadi pendukung yang cerdas untuk tank tempur dan kendaraan tempur infanteri utama dan akan mampu melakukan tugas dan posisi paling berbahaya, sehingga mengurangi risiko kematian.

“Type-X akan memberikan daya tembak dan penggunaan taktis yang sama atau melebihi untuk unit yang dilengkapi dengan kendaraan Infantry Fighting. Ia menyediakan sarana untuk menembus posisi pertahanan musuh dengan risiko minimal bagi pasukannya sendiri dan mengganti RCV yang hilang semata-mata merupakan nuansa logistik,” kata CEO Milrem Robotics Kuldar Väärsi.

Type-X dapat dilengkapi dengan meriam berukuran hingga 50 mm. Dengan ukuran meriam hingga 30 mm, RCV dapat dijatuhkan dari udara - pesawat C-130J dan KC-390 dapat membawa satu buah, A400M dua buah dan C-17 lima buah.

“Kendaraan tersebut akan dilengkapi dengan fungsi cerdas seperti ikuti saya, navigasi titik arah, dan deteksi rintangan dengan Kecerdasan Buatan sebagai bagian dari algoritme,” ujar Väärsi. “Selain itu, pengembang perangkat lunak kami telah mengambil pendekatan yang benar-benar baru dan inovatif untuk memungkinkan operasi yang dikendalikan dari jarak jauh pada kecepatan yang lebih tinggi.”

Dengan bobot 12 ton dan manajemen daya yang efisien, kendaraan ini memiliki kemampuan medan yang unggul. Tingginya yang 2,2 m dan mesin belakang memberikan ciri khas visual dan panas yang rendah.

Type-X ini tiga hingga empat kali lebih ringan dan biayanya jauh lebih rendah daripada IFV konvensional. Ia telah dirancang dengan pemeliharaan prediktif cerdas yang dikombinasikan dengan Sistem Pemantauan Kesehatan dan Penggunaan dan prinsip Unit Penggantian Saluran untuk memastikan Biaya Siklus Hidup dan jejak logistik yang rendah. Powertrain hybrid dan track karetnya mengurangi biaya siklus pemakaian secara signifikan.

Untuk membuat Type-X ini, Milrem Robotics memanfaatkan pengetahuan yang diperoleh dari pengembangan Kendaraan Darat Nirawak THeMIS, yang dimaksudkan untuk mendukung pasukan yang diterjunkan, yang telah dibeli oleh sepuluh negara, termasuk tujuh negara anggota NATO: Prancis, Norwegia, Inggris, AS, Jerman, Belanda dan Estonia.

Milrem Robotics merupakan pengembang sistem robotika dan otonom terkemuka di Eropa dengan dua kantor di Estonia, satu di Swedia dan Finlandia dan satu lagi di Belanda.

Perusahaan ini memimpin konsorsium yang mendapat kucuran dana senilai 30,6 MEUR dari Program Pengembangan Industri Pertahanan Eropa (European Defence Industrial Development Programme/EDIDP) Komisi Eropa untuk mengembangkan sistem darat nirawak standar Eropa.

Tonton video Type-X: https://youtu.be/34-NWYQ0L0c

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20210112005037/en/

Kontak
Gert Hankewitz
Direktur Ekspor

Sumber: Milrem Robotics

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021