Sejumlah sekolah di Bengkayang Kalbar terendam banjir

Sejumlah sekolah di Bengkayang Kalbar terendam banjir

Kondisi sekolah di Bengkayang yang terendam banjir. ANTARA/HO-Aspri

kerugian yang dialami akibat banjir ini mencapai ratusan juta rupiah
Pontianak (ANTARA) - Sejumlah sekolah dan rumah warga di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat terendam banjir dampak tingginya intensitas hujan dalam beberapa hari ini di daerah tersebut.

"Akibat hujan deras di Kabupaten Bengkayang sejak Sabtu 9 Januari 2021 yang tidak berhenti sampai hari Rabu tanggal 13 Januari 2021 mengakibatkan bencana banjir yang menenggelamkan banyak Sekolah dari TK, SD, SMP dan SMA yang ada di beberapa kecamatan. Itu kita sudah mendapatkan laporan dari sekolah terkait," ujar Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang, Gustian Andiwinata saat dihubungi di Bengkayang, Kamis.

Ia menyebutkan beberapa sekolah yang terkonfirmasi terendam banjir, di antaranya seperti SMPN 1 Siding, SMPN 3 Siding, SMPN 4 Ledo, SDN Sepinggan, SDN Nuginang, SDN Momong, SDN 15 Engkanang dan SMPN 3 Sungai Raya.

"Akibat terendamnya beberapa sekolah dari beberapa Kecamatan tersebut banyak aset dan dokumen sekolah yang tidak sempat diselamatkan. Bisa ditaksir kerugian yang dialami akibat banjir ini mencapai ratusan juta rupiah," kata dia.

Baca juga: Kecamatan Bengkayang terendam banjir, polisi lakukan pemantauan

Ia menambahkan lebih memprihatinkan adalah banyak komputer sekolah untuk persiapan Asesmen Nasional habis terendam dan buku-buku perpustakaan juga habis terendam.

Melihat kejadian tersebut, Disdikbud telah memerintahkan semua guru, pengawas sekolah juga Kepala UPT pendidikan untuk segera ambil langkah penyelamatan aset dan lainnya serta melakukan pendataan kerugian yang dialami sekolah.

"Kemudian, kerusakan lainnya Disdikbud telah membuat laporan dan disampaikan pada Bupati untuk tindak lanjut dalam penanganannya," kata dia.

Gustian berharap pemerintah dapat memberikan biaya pengganti Sapras dan buku pelajaran yang hanyut dan rusak akibat banjir.

Baca juga: Diguyur hujan lebat, puluhan rumah warga Bengkayang-Kalbar terendam banjir
Baca juga: 320 rumah warga Bengkayang Kalbar kebanjiran


 

Pewarta: Dedi
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Banjir bandang robohkan bangunan sekolah di Jember

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar