Anti Hoax

Ulama Aceh haramkan vaksin COVID-19? Ini faktanya

Ulama Aceh haramkan vaksin COVID-19? Ini faktanya

Tenaga medis menyuntikan vaksin COVID-19 dalam simulasi di RS Kesrem Lhokseumawe, Kamis (7/1/2021). Antara Aceh/Dedy Syahputra

Jakarta (ANTARA/JACX) - Masyarakat Aceh menolak vaksin COVID-19 karena ulama Aceh mengharamkannya, demikian unggahan yang muncul di Facebook pada 10 Januari 2021.

Akun pengunggah pesan itu menyebarkan tangkapan layar yang bersumber dari percakapan di aplikasi WhatsApp. Pesan tersebut menyebutkan rakyat Aceh menolak vaksin karena ulama Aceh menyebut vaksin banyak mudaratnya dan haram.

"Rakyat Aceh menolak vaksin covid19 karena banyak mudharatnya dan syari'atnya menurut para ulama Aceh itu haram. Pemerintah pusat tidak berhak ikut campur masalah hukum haram menurut Agama, karena masalah Agama mutlak kewenangan Pemerintah Aceh, bukan kewenangan pemerintah RI. Bila ngoto pemerintah pusat memaksakan kehendak, rakyat Aceh siap perang..!!" demikian isi pesan tersebut. 

Lalu benarkah demikian terdapat ulama Aceh yang menolak vaksin COVID-19?
Tangkapan layar hoaks ulama Aceh menolak vaksin COVID-19 (Facebook)


Penjelasan:

Mengacu pemberitaan ANTARA pada 12 Januari 2021, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengatakan vaksin COVID-19 buatan SINOVAC sudah jelas kehalalannya karena sudah dikaji oleh Majelis Ulama Indonesia.  

MPU pun meminta masyarakat tidak perlu ragu akan status hukum vaksin COVID-19 Sinovac tersebut.

"Ternyata dalam pengembangan vaksin Sinovac, tidak ada sedikit pun yang menyentuh dengan hal-hal najis mughallazah, yaitu dengan babi, anjing, dan unsur-unsur manusia di situ," kata Wakil Ketua MPU Aceh Tgk H Faisal Ali.

Aceh akan memulai vaksinasi COVID-19 pada 15 Januari 2021. Dinas Kesehatan Aceh menyebut akan ada sekitar tiga juta orang yang diprioritaskan dalam vaksinasi tahap awal itu. 

Klaim : Ulama Aceh haramkan vaksin COVID-19
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks, Moeldoko sebut vaksin untuk Jokowi berbeda

Baca juga: MPU Aceh: Warga tak perlu khawatir dengan vaksin Sinovac COVID-19

Baca juga: Sebar hoaks vaksin Sinovac haram, warga Simeulue Aceh ditangkap

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menkominfo ingatkan masyarakat tak sulut hoaks, jelang putusan MK

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar