PON 2021 Papua

Empat Venue PON dari APBN Diserahkan ke Provinsi Papua Februari

Empat Venue PON dari APBN Diserahkan ke Provinsi Papua Februari

Animasi 56 disiplin cabor PON XX Papua dibuatkan animasi piktogram.(ANTARA News Papua/HO-dokumentasi PB PON Papua)

Venue yang akan diserahkan kepada provinsi itu venue aquatik, menyusul Istora dan juga yang ada di Doyo, seperti kriket dan hoki
Jayapura (ANTARA) - Empat venue Pekan Olahraga Nasional XX Papua yang dibangun melalui APBN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan diserahterimakan kepada Pemerintah Provinsi Papua pada Februari 2021.

Bangunan fisik empat venue tersebut di antaranya venue aquatik dan Istora di Kampung Harapan, kriket dan hoki (Indoor/outdoor) di Doyo Baru Kabupaten Jayapura.

"Jadi, serah terima hasil pekerjaan fisik empat venue tersebut diagendakan awal bulan Februari 2021 nanti," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua Alexander Kapisa kepada wartawan melalui laman PB PON Papua, Kamis.

Baca juga: Empat venue temporer PON Papua dibangun Januari 2021

Ia mengatakan, empat venue yang dibangun Kementerian PUPR itu telah rampung 100 persen, dan jika sudah diserahkan kepada pemerintah Provinsi Papua maka bisa dipakai oleh atlet Papua untuk melakukan latihan.

"Venue yang akan diserahkan kepada provinsi itu venue aquatik, menyusul Istora dan juga yang ada di Doyo, seperti kriket dan hoki," katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Papua Alex mengatakan, telah menyediakan manajemen atau kelembagaan yang akan mengelola venue tersebut, termasuk biaya perawatannya.

"Kamis siap menerima empat venue tersebut. Termasuk kelembagaan untuk mengelola venue pun kita sudah siapkan," ujarnya.

Baca juga: 12 arena pertandingan untuk PON Papua selesai direnovasi

Jika empat venue sudah diserahkan kepada pemerintah Papua, lanjutnya, konsentrasi Disorda terfokus pada aspek pemeliharaan dan perawatan venue-venue tersebut.

Selain itu, menurut Alex, venue-venue tersebut jika sudah diserahkan dapat digunakan oleh para atlet untuk melakukan pemusatan latihan.

"Jika sudah diserahkan, sudah pasti bisa digunakan oleh atlet Papua untuk latihan," ujarnya.

PON XX Papua 2021 akan berlangsung pada 2 Oktober mendatang mempertandingkan 37 cabang olahraga, 679 pertandingan dan diikuti 6.442 atlet dari 34 Provinsi di Indonesia.

Baca juga: Menpora: Venue PON harus berstandar internasional
Baca juga: Kesiapan PON Papua 2021 capai 90 persen

 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemeriahan peresmian stadion utama PON XX Papua

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar