Timika (ANTARA) - Wakil Bupati Mimika, Papua Johannes Rettob menyambut positif dibukanya rute penerbangan Timika-Manado dan Manado-Timika oleh maskapai penerbangan Lion Air sejak Senin (11/1) dan diharapkan dapat mendorong kegiatan ekspor perikanan di wilayah itu agar lebih cepat sampai di negara tujuan.

"Pelaku UMKM yang selama ini sudah melakukan ekspor ikan, kepiting bakau dari Timika dengan tujuan Malaysia, Singapura dan Jepang melalui rute penerbangan ke Denpasar dan Jakarta, sekarang ini justru semakin terbantu dengan adanya penerbangan Timika-Manado karena rute ekspornya lebih pendek sehingga barang yang akan dikirim lebih cepat sampai di negara tujuan," kata John Rettob.

Ia menyebut jika ekspor ikan dan hasil laut lainnya seperti udang dan kepiting bakau dikirim melalui penerbangan ke Denpasar dan selanjutnya dikirim lagi ke Malaysia dan Singapura maka komoditi tersebut baru akan tiba di negara tujuan pada sekitar pukul 21.00 WIT.

Sementara jika dikirim melalui Manado maka komoditas itu akan tiba di negara tujuan pada sekitar pukul 17.00 WIT.

Pemkab dan warga Mimika, katanya, mengapresiasi kebijakan manajemen Lion Air Grup yang telah menambah lagi satu armada pesawatnya menerbangi wilayah Timika melalui pembukaan rute penerbangan Manado-Timika dan Timika-Manado dengan pesawat jenis Boeing 737-900 ER sejak Senin (11/1).

Pihak Lion Air menargetkan ke depan rute penerbangan Manado-Timika dan Timika-Manado akan dilayani setiap hari, namun untuk tahap awal ini baru akan dilayani empat kali dalam sepekan.

"Kami berharap masyarakat Mimika terutama para pelaku usaha bisa menggunakan fasilitas ini dengan baik dengan harapan pihak operator penerbangan tolong menjaga konsistensi dalam pelaksanaan pelayanan rute, dan ketepatan waktu," ujar mantan Kepala Dishubkominfo Mimika itu.

Danang Mandala Prihantoro selaku Corporate Communications Strategic PT Lion Air / Lion Air Group saat pembukaan penerbangan domestik berjadwal Manado-Timika dan Timika-Manado pada Senin (11/1) berharap pembukaan rute penerbangan baru itu mampu memberikan alternatif perjalanan udara bagi para pebisnis, wisatawan maupun masyarakat pada umumnya di Mimika dan kabupaten sekitarnya.

Rute Timika yang dilayani dari Manado oleh armada pesawat Lion Air, katanya, merupakan kota ke tujuh setelah destinasi-destinasi yang lain.

Pembukaan penerbangan rute Manado-Timika dan Timika-Manado oleh Lion Air itu juga dalam rangka upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional maupun daerah akibat dilanda pandemi COVID-19.

Selain mengoperasikan armada pesawat rute Manado-Timika dan Timika-Manado, Lion Air Grup juga mengoperasikan armada pesawat Batik Air untuk melayani rute Jakarta-Timika dan sebaliknya serta rute Makassar-Timika dan sebaliknya setiap hari.

Baca juga: Lion Air: Penerjemah rute Guangzhou-Manado tak alami gejala corona
Baca juga: Lion Air tutup tujuh rute Wings Air karena merugi

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021