Sesuai kesimpulan rapat kerja dengan Komisi X DPR pada 2 Desember 2020, Kemenpora menyampaikan target realisasi anggaran Kemenpora tahun 2020 adalah 95 persen
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan bahwa realisasi anggaran Kemenpora hingga akhir tahun 2020 mencapai Rp1,118 triliun atau setara 95,14 persen dari pagu Rp1,1175 triliun.

Dalam rapat kerja virtual bersama Komisi X DPR RI, di Jakarta, Kamis, Zainudin mengatakan capaian tersebut merupakan yang tertinggi bagi Kemenpora dalam lima tahun terakhir ketika realisasi anggaran hanya berkisar 80-89 persen.

“Sesuai kesimpulan rapat kerja dengan Komisi X DPR pada 2 Desember 2020, Kemenpora menyampaikan target realisasi anggaran Kemenpora tahun 2020 adalah 95 persen. Kami mampu menepati janji kami dengan capaian realisasi anggaran dimaksud mencapai 95,14 persen. Hasil ini merupakan capaian tertinggi Kemenpora dalam lima tahun terakhir,” ujar Zainudin dalam siaran pers yang diterima pada Kamis.

Baca juga: Serapan anggaran Kemenpora baru 70 persen

Zainudin mengaku Kemenpora menerapkan kehati-hatian dalam melaksanakan penyerapan anggaran, terlebih banyak kegiatan yang ditunda hingga dibatalkan pada 2020 karena situasi pandemi COVID-19, seperti PON dan Peparnas Papua serta Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo.

Sehubungan dengan banyaknya event yang terganggu, Kemenpora pun, lanjut dia, telah melakukan revisi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi penyerapan anggaran yang sesuai target dalam rencana kerja pemerintah (RKP) tahun 2020.

“Sehingga dilakukan revisi untuk efisiensi dan efektivitas pelaksanaan anggarannya. Lalu, ada juga catatan atas realisasi tersebut, yaitu capaian realisasi anggaran tahun 2020 dimaksud akan menjadi pemacu kami dalam mempertahankan opini WTP (wajar tanpa pengecualian) yang kami peroleh pada tahun 2019 lalu,” ujar dia.

Pagu definitif APBN Tahun 2020 Kemenpora awalnya adalah sebesar Rp 1,738 triliun. Namun jumlah tersebut mengalami refocusing sebagai dampak dari pandemi COVID-19 sehingga akhirnya anggaran dipangkas menjadi Rp 1,175 triliun.

Baca juga: Kemenpora buat aplikasi pengawasan penggunaan anggaran pelatnas

Komisi X DPR RI pun mengapresiasi realisasi serapan APBN tahun 2020 dari Kemenpora itu.

“Terima kasih Pak Menpora. Ini sungguh luar biasa. Kami sangat mengapresiasi capaian tersebut, semoga tahun ini bisa lebih baik lagi,” ucap Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian.

Komisi X DPR RI juga mendorong Kemenpora agar melakukan koordinasi dengan Kementerian Keuangan untuk mengusulkan kembali penggunaan anggaran yang ditunda untuk dialihkan ke alokasi anggaran bidang kepemudaan dan keolahragaan.

Baca juga: Kemenpora dampingi pengelolaan laporan anggaran induk cabang olahraga

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021