Australia catat nol kasus COVID-19 dua hari berturut-turut

Australia  catat nol kasus COVID-19 dua hari berturut-turut

Para pengunjung pantai menikmati hari musim panas, di Coogee Beach saat wabah penyakit virus corona (COVID-19) masih merebak, di Sydney, Australia,  Rabu (13/1/2021). ANTARA FOTO/Reuterss-Loren Elliott/hp.

Kami tidak akan memiliki kepercayaan diri untuk bergerak maju dan melakukan pelonggaran itu sampai kami memiliki tingkat pengujian yang tinggi, tetapi kami sudah berada di jalur yang benar,
Sydney (ANTARA) - Australia berada di jalur yang dituju untuk mencatat  nol kasus COVID-19 lokal dua hari  berturut-turut, yang diwujudkan dengan pembatasan yang lebih ketat pada pergerakan orang dan perbatasan internal.

Namun, pihak berwenang terus mendesak lebih banyak orang menjalani tes COVID-19 untuk melacak kasus tak terdeteksi.

Australia telah berusaha untuk menahan wabah baru virus corona sejak bulan lalu dengan menerapkan penguncian (lockdown) terhadap daerah-daerah yang terkena dampak wabah dan mewajibakan penggunaan masker di dalam ruangan.

Tingkat infeksi corona tampaknya telah stabil setelah jumlah kasus COVID-19 yang rendah dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga: Australia: vaksinasi COVID-19 mungkin dimulai pada Februari
Baca juga: Australia desak China beri akses tim COVID WHO 'tanpa ditunda'


New South Wales (NSW), negara bagian terpadat di Australia, menyatakan dapat segera melonggarkan pembatasan jika jumlah pengujian meningkat karena lebih banyak tes yang dilakukan dapat membantu melacak semua kasus infeksi yang tidak diketahui.

"Kami tidak akan memiliki kepercayaan diri untuk bergerak maju dan melakukan pelonggaran itu sampai kami memiliki tingkat pengujian yang tinggi, tetapi kami sudah berada di jalur yang benar," kata pemimpin negara bagian NSW Gladys Berejiklian kepada wartawan.

Negara bagian Queensland, yang telah selesai melakukan penguncian tiga hari di ibu kotanya Brisbane awal pekan ini untuk membantu menghindari penyebaran varian baru COVID-19 yang sangat menular, melaporkan hari ketiga berturut-turut nol kasus lokal.

Victoria, negara bagian terpadat kedua di Australia, telah mencatat tidak ada kasus COVID-19 untuk hari kesembilan, sementara NSW melaporkan tidak ada kasus untuk hari kedua berturut-turut.

Virus corona baru juga telah secara efektif dibasmi di negara bagian dan wilayah lain Australia dan sebagian besar kasus COVID-19 terdeteksi pada wisatawan yang kembali dari luar negeri di karantina hotel.

Australia telah melaporkan total lebih dari 28.600 kasus COVID-19 dan 909 korban jiwa sejak pandemi dimulai, dengan penutupan perbatasan dan sistem pelacakan cepat membantu menjaga jumlah kasusnya relatif rendah.

Sumber: Reuters

Baca juga: UGD rumah sakit di Sydney tutup setelah pasien positif COVID
Baca juga: Australia waspada tinggi atas masuknya varian baru COVID-19

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

NSW Australia waspada serangan laba-laba mematikan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar