Ulama Banten yakin Komjen Sigit amanah amankan negara

Ulama Banten yakin Komjen Sigit amanah amankan negara

Ulama asal Banten Abuya Muhtadi Dimyathi. (ANTARA/ Ho-Dok. pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Ulama kharismatik dari Banten Abuya Muhtadi Dimyathi mengatakan bahwa dirinya yakin Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mampu mengamankan negara jika menjadi Kapolri.

Hal itu dikatakan Abuya Muhtadi mengingat Sigit pernah menjabat sebagai Kapolda Banten sejak 5 Oktober 2016 hingga 13 Agustus 2018. Menurut dia, saat itu Sigit mampu menciptakan situasi aman di Banten tanpa gejolak.

"Tugas utama dia terus amankan negara ini. Insya Allah mampu. Kalau beliau jadi (Kapolri), saya di belakangnya dan sebatas penguat saja. Saya ikut bagaimana keputusan pusat saja," kata Abuya Muhtadi melalui siaran pers, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Presiden tunjuk Listyo Sigit calon Kapolri dinilai pilihan tepat

Selain itu, kata dia, Komjen Sigit juga sangat dekat dengan masyarakat termasuk para ulama.

Sementara itu, adik Abuya Muhtadi, Abuya Murtadho menuturkan hal yang sama. Menurut Abuya Murtadho, selama berdinas di Provinsi Banten, Sigit bekerja dengan baik dan mampu merangkul semua golongan.

Bahkan Sigit sempat menginstruksikan seluruh jajaran Polda Banten untuk membaca kitab kuning. "Itu bagus," ujar Abuya Murtadho.

Dia berharap sikap Sigit itu bisa menginspirasi perwira-perwira tinggi yang menjadi Kapolda Banten selanjutnya saat memimpin provinsi itu.

"Seandainya polisi-polisi dan jenderal-jenderal seperti Pak Sigit pasti benar. Nah, saya tidak tahu lagi setelah Pak Sigit pindah, apakah program tersebut masih berjalan atau tidak," katanya.

Baca juga: Kapolri ajak jajaran solid dukung Kabareskrim jadi calon Kapolri

Abuya Murtadho pun mendoakan yang terbaik buat Listyo Sigit. "Doa yang terbaik saja," katanya.

Sebelumnya, pada Rabu (13/1), Presiden Jokowi mengajukan nama Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo ke DPR RI sebagai calon tunggal Kapolri.

Surpres tersebut bernomor: R-02/Pres/01/2021 dan disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Gedung Parlemen, Jakarta.

Nantinya Sigit akan mengisi jabatan Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang akan memasuki masa purnatugas pada 1 Februari 2021 mendatang.

Baca juga: Komjen Sigit calon Kapolri kenyang pengalaman

Rangkaian uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri akan dilaksanakan di DPR RI mulai Senin (18/1) diawali dengan ujian pembuatan makalah dan Selasa (19/1) dilakukan uji kelayakan dan kepatutan.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Inspeksi mendadak Piala Menpora, Kapolri akui berjalan baik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar