120 faskes di Jambi terintegrasi dengan P-Care VaksinasiCOVID-19

120 faskes di Jambi terintegrasi dengan P-Care VaksinasiCOVID-19

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi Rizki Lestari. 120 Fasilitas kesehatan di lima kabupaten dan kota di Provinsi Jambi terintegrasi dengan aplikasi P-Care Vaksinasi untuk menyukseskan program vaksinasi pemerintah. (Antara/Muhamad Hanapi)

Jambi (ANTARA) - 120 fasilitas kesehatan (faskes) di Jambi terintegrasi dengan aplikasi Primary Care Vaksinasi (P-Care Vaksinasi) yang disediakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk menyukseskan program vaksinasi COVID-19.

"Seluruh Puskesmas dan rumah sakit milik pemerintah daerah sudah terintegrasi dengan aplikasi P-Care Vaksinasi," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi Rizki Lestari di Jambi, Jum'at.

Faskes tersebut tersebar di lima kabupaten dan kota, di antaranya 38 faskes di Kota Jambi, 22 faskes di Kabupaten Batanghari, 25 faskes di Kabupaten Muaro Jambi, 18 faskes di Kabupaten Tanjab Timur, dan 17 faskes di Kabupaten Tanjab Barat.

Baca juga: Polda Jambi kawal pendistribusian vaksin COVID-19

Baca juga: Vaksinasi di Jakarta dimulai pada Jumat


Fasilitas kesehatan tersebut sudah terintegrasi dengan aplikasi P-Care Vaksinasi untuk membantu pendataan terhadap pemberian vaksin COVID-19 kepada masyarakat.

Dalam Program Vaksinasi Nasional, BPJS Kesehatan telah mendukung layanan vaksinasi COVID-19 dengan menyiapkan aplikasi Primary Care Vaksinasi (P-Care Vaksinasi). Aplikasi P-Care Vaksinasi merupakan bagian terintegrasi dari sistem satu data vaksinasi COVID-19.

Data hasil input P-Care Vaksinasi tersebut, akan terintegrasi pada tabulasi dan dashboard Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN). Data hasil layanan vaksinasi tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah dalam upaya pengendalian COVID-19 dan menyukseskan program vaksinasi nasional.

Aplikasi ini akan mendukung proses pencatatan dan pelaporan pelayanan vaksinasi di fasilitas kesehatan. BPJS Kesehatan telah melakukan sosialisasi di akhir tahun 2020 kepada Dinas Kesehatan serta fasilitas kesehatan agar pelaksanaan vaksinasi COVID-19 berjalan dengan lancar.

BPJS Kesehatan juga mengimbau masyarakat untuk turut serta menyukseskan program vaksinasi nasional dalam upaya pengendalian COVID-19. BPJS Kesehatan akan mendukung penuh program vaksinasi dengan segala sumber daya yang dimiliki.

Baca juga: Ketua DPRD Surabaya punya pengalaman unik saat divaksin pertama kali

Baca juga: BPJS Kesehatan Imbau Masyarakat Gotong Royong Sukseskan Vaksinasi Covid-19


"Kami akan turut serta memberikan informasi kepada masyarakat agar lebih paham tentang keharusan dan pentingnya vaksinasi, kami mengimbau masyarakat juga terus bergotong royong bersama mengatasi pandemi COVID-19," kata Rizki Lestari.

BPJS Kesehatan juga mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan meski sudah menjalani vaksinasi COVID-19 demi melindungi diri, keluarga dan orang sekitar.

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ini penjelasan Satgas COVID-19 tentang vaksinasi tahanan KPK

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar