Relawan Kalteng salurkan bantuan untuk korban banjir di Kalsel

Relawan Kalteng salurkan bantuan untuk korban banjir di Kalsel

Relawan PKS Kalteng menyalurkan bantuan pangan ke korban banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Sabtu (16/1/2021). ANTARA/HO.

Palangka Raya (ANTARA) - Relawan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Kalimantan Tengah mulai menyalurkan bantuan untuk para korban banjir bandang di Provinsi Kalimantan Selatan.

"Kami turut berduka dan prihatin atas musibah banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan. Karena atas dasar kemanusiaan maka PKS Kalteng mengirimkan bantuan baik donasi, makanan, dan relawan PKS ke Kalsel," kata Ketua Umum PKS Kalteng Sirajul Rahman di Palangka Raya, Sabtu.

Pria yang juga anggota DPRD Kalteng ini pun berharap bantuan dan tenaga relawan PKS Kalteng yang turun ke lokasi bencana di Kalsel dapat membantu dan meringankan warga yang terdampak banjir.

Baca juga: Banjir Kalsel, 112.709 warga mengungsi

Ketua Relawan PKS Kalteng Aminanto menambahkan bahwa pada tahap pertama relawan telah bertolak ke Provinsi Kalimantan Selatan pada Jumat (15/1).

Saat ini pihaknya tengah berada di Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan untuk menjalankan misi kemanusiaan baik memberikan bantuan logistik berupa bahan pangan dukungan pendistribusian logistik maupun dukungan evakuasi korban.

Baca juga: Pemprov Kalteng bantu penanganan bencana banjir di Kalsel

Dia menambahkan bahwa relawan PKS Kalteng juga berkoordinasi dengan Ketua Umum PKS Kalsel dan relawan PKS Kalsel untuk bisa bersinergi dalam pendistribusian bantuan dan juga prioritas daerah yang memang sangat membutuhkan bantuan.

"Selanjutnya, kami dari Kalteng juga akan memberangkatkan relawan pada tahap ke-2 untuk menjalankan misi kemanusiaan di beberapa kabupaten/kota lainnya di Kalsel yang terdampak banjir," katanya.

Baca juga: Panglima TNI salurkan bantuan Presiden untuk korban banjir Kalsel

Bencana banjir bandang di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan itu terjadi pada Kamis (14/1) usai wilayah setempat diguyur hujan lebat.

Dalam rangka solidaritas korban banjir di Kalimantan Selatan, saat ini masyarakat di Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah juga mulai mengumpulkan berbagai bantuan yang nantinya didistribusikan ke Kalsel.

Tak hanya pemerintah, penggalangan bantuan pun juga dilakukan kelompok masyarakat baik organisasi masyarakat maupun kelompok kerukunan warga Kalimantan Selatan yang tinggal di Palangka Raya.

Kepala BPBD Kota Palangka Raya Emi Abriyani mengatakan bahwa saat ini pemerintah kota juga tengah menggalang bantuan untuk korban banjir bandang di Kalsel.

"Bagi masyarakat yang ingin membantu masyarakat Kalsel dapat mengumpulkan bantuan di kantor BPBD Kota Palangka Raya. Rencananya bantuan akan diberangkatkan/diserahkan pada Senin mendatang," kata Emi.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Curah hujan tinggi dan banjir sebabkan pasokan cabai berkurang di Kalsel

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar