Jakarta (ANTARA) - Pemakaian produk perawatan wajah atau skincare terbukti dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit yang berbeda-beda.

Namun, untuk menemukan produk skincare yang cocok untuk wajah juga tak mudah, perlu percobaan berkali-kali sehingga berjodoh dengan produk perawatan yang sesuai kondisi kulit wajah.

Menurut praktisi produk perawatan kulit, Hanafi, setiap produk skincare mengandung bahan yang berbeda sesuai kebutuhan kulit pengguna, produk skincare untuk kulit kering, berminyak dan kombinasi biasanya berbeda-beda.

Baca juga: Ragam keunikan dan tren riasan era 2010-an hingga 2020

Baca juga: Ini kiat perawatan kulit kering hingga berminyak yang tepat


Oleh karena itu untuk memudahkan memilih produk skincare sesuai jenis kulit, pemilik Hade Beauty itu melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, memberikan saran, para wanita harus tahu kandungan produk yang diperlukan untuk kulit.

Berikut ini, cara memilih skincare sesuai jenis kulit menurut Hanafi.

1. Kulit Kering
Seseorang yang memiliki tipe kulit kering, akan lebih mudah terlihat cepat tua karena rentan terhadap keriput. Kulit kering juga rentan terhadap cuaca dingin.

Bila tipe kulit Anda kering, jangan terlalu sering mencuci wajah dengan air hangat. Hindari penggunaan skincare yang mengandung alkohol. Sebaiknya pakai skincare yang khusus untuk melembabkan seperti hydrating toner.

Anda juga bisa memilih produk yang mengandung Hyaluronic Acid, Lactic Acid atau bahan alami yang mampu melembabkan wajah seperti delima, madu, aloe vera dan shea butter.

2. Kulit Berminyak
Berbanding terbalik dengan pemilik kulit kering, seseorang dengan tipe kulit berminyak akan terlihat lebih muda karena tidak mudah keriput. Namun keduanya sama-sama memiliki masalah tersendiri.

Pemilik kulit berminyak akan berhadapan dengan komedo, jerawat dan pori-pori besar. Pilih produk skincare yang tidak mengandung minyak. Kandungan Hyaluronic Acid atau Niacinamide cocok untuk kulit berminyak. Masker wajah yang mengandung kaktus, kiwi, lemon direkomendasikan untuk kulit berminyak karena mampu mengontrol sebum berlebih dan dapat menutrisi kulit wajahmu.

3. Kulit Kombinasi
Kulit kombinasi ada dua kategori yakni normal ke kering dengan bagian T-Zone cenderung normal. Sementara normal ke berminyak area T-Zone cenderung berminyak.

Pemilik kulit kombinasi disarankan memakai produk skincare yang mengandung Hyaluronic Acid, Vitamin C dan Lactic Acid. Tetap lakukan scrub wajah untuk eksfoliasi.

Baca juga: Enam kandungan "skincare" yang akan jadi tren di 2021

4. Kulit Normal
Pemilik kulit normal harus bersyukur karena memiliki kondisi wajah yang tidak bermasalah. Kulit normal biasanya cocok memakai produk skincare dengan kandungan apapun.

"Tapi tetap saja jaga kesehatan kulit dan kelembabannya. Gunakan sheetmask untuk mendapatkan kulit yang glowing dan kenyal," ujarnya.

5. Kulit Sensitif
Pemilik kulit sensitif harus berhati-hati dalam memilih produk skincare karena sangat rentan. Hindari produk skincare yang mengandung alkohol. Banyak produk perawatan wajah yang dikhususkan untuk kulit sensitif.

"Kulit sensitif rentan dengan zat kimia, kulit akan cepat memberikan respon ditandai dengan kemerahan. Produk skincare Hade Beauty sendiri aman dipakai untuk kulit sensitif karena mengandung komposisi alami terpilih dan berkualitas tinggi, sehingga cocok dipakai untuk semua jenis kulit," ujar Hanafi.

Pemakaian skincare menggunakan bahan-bahan alami sangat direkomendasikan untuk kulit sensitif. Sheetmask yang mengandung aloe vera juga cocok untuk kulit sensitif.

6. Kulit Kusam
Pemilik kulit kering biasanya lebih mudah terlihat kusam, untuk mengatasinya gunakan produk skincare yang dapat mencerahkan wajah.

Dia menyarankan, gunakan rangkaian produk Hade Beauty secara lengkap lewat paket Brightening yang berisikan facial wash, toner, serum, krim pagi dan malam yang bisa didapat di situs Hadebeauty.com.

"Agar hasilnya cepat dan maksimal, sebaiknya pakai produk skincare secara lengkap," tambah Hanafi.

Selain itu, menurut dia sangat perlu menggunakan produk perawatan kulit yang sudah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) serta sudah terjamin keamanannya.

Baca juga: Produk kecantikan lokal jadi favorit pengguna TikTok pada 2020

Baca juga: Tren skincare hingga fesyen tahun 2021

Baca juga: Mengenal bakuchiol, calon bintang "skincare" di 2021

Pewarta: Subagyo
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021