Pada kuartal keempat tahun 2020, pengiriman PC di seluruh dunia mencapai 79,4 juta unit, melonjak 10,7 persen tahun ke tahun
Jakarta (ANTARA) - Total pengiriman komputer pribadi (PC) di seluruh dunia mencapai 275 juta unit pada tahun 2020, meningkat 4,8 persen dari tahun 2019, dan merupakan pertumbuhan tahunan tertinggi dalam satu dekade.

Kinerja yang kuat selama tahun 2020 tersebut didorong oleh pemberlakuan jarak sosial untuk menahan penyebaran COVID-19 hampir di setiap negara, yang mendorong peningkatan permintaan konsumen, demikian menurut hasil penelitian lembaga riset global Gartner.

Pada kuartal keempat tahun 2020, pengiriman PC di seluruh dunia mencapai 79,4 juta unit, melonjak 10,7 persen tahun ke tahun, sesuai data Gartner.

Produsen PC global Lenovo Group memimpin pengiriman PC tahun 2020 dengan mengapalkan 72,7 juta unit. Jumlah itu naik 12 persen YoY, kata laporan dari firma riset pasar global International Data Corporation. HP dan Dell menduduki peringkat kedua dan ketiga.

Pandemi COVID-19 mendorong peningkatan jumlah orang yang bekerja dari rumah, siswa yang belajar dari jarak jauh, yang mendorong peningkatan permintaan konsumen. Pandemi tidak hanya memicu permintaan pasar PC tetapi juga menciptakan peluang yang menghasilkan perluasan pasar.

Pengeluaran bisnis PC tetap lemah pada kuartal keempat tahun 2020, tetapi di beberapa wilayah seperti China di mana ekonomi telah mulai pulih karena penurunan COVID-19, pertumbuhan bisnis sedikit lebih kuat, kata Gartner.

Momentum pertumbuhan pengiriman PC ini kemungkinan akan berlanjut hingga setidaknya paruh pertama tahun 2021, jika perubahan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat seperti pendidikan secara daring (online) dan bekerja secara jarak jauh terus berlanjut di era pasca-pandemi, menurut Gartner.

Baca juga: Adaptasi pandemi dorong permintaan monitor PC
Baca juga: Pandemi bangkitkan permintaan laptop dunia


Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Apep Suhendar
Copyright © ANTARA 2021