PMI Jateng distribusikan ventilator ke sejumlah rumah sakit rujukan

PMI Jateng distribusikan ventilator ke sejumlah rumah sakit rujukan

Staf PMI Provinsi Jateng menyerahkan secara simbolis bantuan berupa ventilator yang diterima langsung perwakilan dari RSUD Bendang, Kota Pekalongan, Jateng. ANTARA/HO-PMI Provinsi Jateng.

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah mendistribusikan ventilator atau alat bantu pernapasan ke sejumlah rumah sakit khususnya yang menjadi rujukan pasien COVID-19 di wilayah Jateng,.

"Kami distribusikan lima unit ventilator untuk lima rumah sakit di wilayah Jateng. Peralatan ini untuk menunjang pihak rumah sakit khususnya dalam merawat pasien COVID-19 yang membutuhkan alat bantu pernapasan," kata Kepala Seksi Pelayanan Masyarakat PMI Provinsi Jateng Dwi Handoko Wibisono melalui sambungan telepon di Sukabumi, Sabtu.

Ventilator adalah alat bantu napas yang digunakan untuk pasien dengan kondisi kritis dalam hal ini termasuk pasien COVID-19. Menurut American Thoracic Society, kadar oksigen ventilator lebih tinggi daripada alat bantu oksigen lainnya.

Selain itu, alat ini juga membantu paru-paru tetap mengembang, sehingga kantung udara di paru-paru tidak mengempis. Diharapkan dengan adanya bantuan ini, bisa membantu pihak rumah sakit yang tenaga kesehatannya sedang berjuang menyelamatkan nyawa pasien khususnya warga yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Pihaknya juga mendistribusikan bantuan peralatan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebanyak dua ribu paket dan sabun mandi 79.200 batang untuk disebar ke berbagai wilayah di Jateng melalui PMI tingkat kota/kabupaten.

Baca juga: Rumah sakit di Kota Kediri dapat bantuan tujuh ventilator

Kepala Markas PMI Kota Pekalongan Imron Rosyidi mengatakan bahwa peralatan ini dibutuhkan pasien untuk menunjang penyembuhan.

"Kami berharap peralatan itu dapat meningkatkan pelayanan kesehatan, khususnya pasien COVID-19, agar tingkat kesembuhan lebih maksimal," katanya.

Dalam upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19, PMI hingga saat ini masih melakukan penyemprotan desinfektan, sosialisasi kepada masyarakat tentang disiplin menerapkan protokol kesehatan, membantu tim pemakaman COVID-19, dan penyediaan darah plasma.

Direktur RSUD Bendan Kota Pekalongan Junaedi mengucapkan terima kasih dengan adanya bantuan berupa ventilator yang diberikan lembaga kemanusiaan terbesar di Indionesia ini,

Menurut dia, ventilator dibutuhkan untuk membantu proses penyembuhan penyakit yang berhubungan dengan pernapasan, termasuk dukungan pengobatan pasien COVID-19 yang ditangani rumah sakit ini.

Baca juga: Di Malang Raya, rumah sakit rujukan COVID-19 dapat bantuan ventilator
Baca juga: Indonesia terima bantuan 500 unit ventilator COVID-19 dari AS

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

PMI Jember normalisasi sumur warga pascabanjir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar