Liga Inggris

Leicester lompat ke posisi kedua selepas bungkam Southampton

Leicester lompat ke posisi kedua selepas bungkam Southampton

Pemain sayap Leicester City James Maddison (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Southampton dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion King Power, Leicester, Inggris, Sabtu (16/1/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Alex Pantling)

Jakarta (ANTARA) - Leicester City melompat ke posisi kedua klasemen sementara Liga Inggris selepas membungkam Southampton 2-0 dalam laga pekan ke-19 di Stadion King Power, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Gol-gol James Maddison dan Harvey Barnes membuat tim besutan Brendan Rodgers itu kini mengoleksi 35 poin dan menggusur juara bertahan Liverpool (33) dari posisi kedua.

Sedangkan Southampton (29) yang menelan kekalahan pertama dalam empat pertandingan terakhir kini turun ke urutan kedelapan, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Absennya penyerang tersubur Southampton, Danny Ings, awalnya tak begitu mempengaruhi penampilan The Saint yang menekan tuan rumah di 10 menit pertama pertandingan, walau tak mampu menciptakan peluang berbahaya.

Baca juga: Penyerang Southampton Danny Ings positif terinfeksi COVID-19

Pada menit ke-17 Che Adams merangsek ke dalam kotak penalti Leicester, tetapi tembakannya dihalau oleh Wesley Fofana yang pasang badan di muka gawang.

Dua menit kemudian, giliran Leicester yang mengancam melalui aksi tipuan Jamie Vardy membiarkan bola disambar oleh Barnes, tetapi tembakannya masih mampu diamankan kiper Alex McCarthy.

Kebuntuan pecah pada menit ke-37 saat Leicester membuka keunggulan melalui aksi Maddison yang melepaskan tembakan dari sudut sempit untuk menaklukkan McCarthy dan menjebol gawang tim tamu.

Southampton hampir membalas tetapi tembakan Ryan Bertrand menyambut umpan terobosan dari James Ward-Prowse mampu ditepis secara gemilang oleh kiper Kasper Schmeichel empat menit jelang turun minum.

Tim tamu memasuki babak kedua dengan peluang bagus untuk mencetak gol balasan, tetapi Schmeichel kembali melakukan penyelamatan gemilang atas tembakan melengkung William Smallbone.

Baca juga: Rodgers bangga mampu bongkar pertahanan yang gagal ditembus Liverpool

Pada menit ke-73, Schmeichel sudah tak mampu menjangkau bola tembakan jarak jauh Stuart Armstrong tetapi kali ini mistar gawang menjadi penyelamat Leicester.

Dua menit berselang, giliran peluang Leicester yang raib karena bola sepakan Barnes masih bisa disapu oleh Jan Bednarek sebelum melewati garis gawang.

Lima menit jelang bubaran waktu normal, Vardy punya kesempatan begitu bagus untuk menggandakan keunggulan Leicester, tetapi McCarthy mampu menggagalkan peluang itu.

Tiga poin betul-betul dipastikan dalam genggaman tangan Leicester ketika Barnes mengunci kemenangan 2-0 pada menit kelima injury time dengan ketenangannya menyelesaikan umpan terobosan dari Youri Tielemans.

Kedua tim sama-sama akan bermain pada Selasa (19/1) pekan depan saat Leicester menjamu Chelsea dalam laga pekan ke-18 Liga Inggris, sedangkan Southampton menghadapi tim strata ketiga Shrewsbury Town dalam laga putaran ketiga Piala FA.

Baca juga: Mason Mount menangkan Chelsea atas 10 pemain Fulham
Baca juga: West Ham dan Brighton kompak petik kemenangan tipis 1-0
Baca juga: West Brom bekuk Wolverhampton, kemenangan perdana bersama Allardyce
Baca juga: Jadwal Liga Inggris: mampukah Chelsea bangkit di Derbi London Barat?

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar