Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora menjadi perhatian banyak pengunjung Antaranews selama sepekan mulai dari berita tentang pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu hingga proses evakuasi dan sisi lainnya serta banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan.

1. Korban Sriwijaya Air asal Sumbar unggah pesan perpisahan sebelum terbang

Salah seorang korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu bernama Faisal Rahman asal Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, sempat mengunggah ucapan selamat tinggal dan terima kasih di story instagram miliknya sesaat sebelum lepas landas.

"Goodbye & Thank U Ayub Batogi & Dewyn, Febby dll," tulis Faisal Rahman di akun instagram classics_fay berdasarkan pengamatan di Padang, Minggu (10/1).

2. Penyelam temukan gaun pengantin hingga seragam pramugari Sriwijaya Air

Tim penyelam pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ-182 menemukan gaun pengantin berwarna putih hingga seragam yang diduga milik pramugari maskapai penerbangan tersebut pada operasi pencairan Senin sore (11/1).

"Temuan tersebut sekitar dua mil dari Pulau Laki," kata Ketua Tim Penyelam Ditpolair Polda Metro Jaya AKP I Ketut Suastika di atas Kapal Polisi Bisma 8001.

3. Terendam banjir, 1.492 warga Tapin, Kalsel dievakuasi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan menyatakan sebanyak 1.492 jiwa warga Kelurahan Raya Belanti, Kecamatan Binuang dievakuasi tim gabungan dari rumahnya karena terendam banjir.

"Pengungsi sudah ada 250 orang lebih, dan saat ini tahap evakuasi masih terus berlanjut," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapin Said Abdul Nasir di Tapin, Kamis (14/1).

4. Copilot Fadly sempat telepon ibu sebelum SJ-182 terbang

Copilot Fadly Satrianto sempat menghubungi keluarganya sebelum pesawat Sriwijaya Air SJ-182 terbang dari Jakarta ke Pontianak, Kalimantan Barat, yang akhirnya mengalami kecelakaan di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1).

Sumarzen Marzuki, ayah kandung Fadly, di Surabaya, Minggu (10/1) mengatakan putra bungsu dari tiga bersaudara itu selalu menelepon ibunya, Ninik Andriyani, setiap kali akan terbang.

5. Banjir terjadi di sejumlah wilayah di Kalsel

Bencana banjir terjadi di sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan pada Minggu (10/1) setelah hujan deras mengguyur sejak Sabtu malam hingga Minggu dini hari.

"Hingga saat ini dilaporkan ada tiga kabupaten dan kota yang terdampak banjir yaitu Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kalsel Abriansyah Alam di Martapura, Minggu (10/1).

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021