Jakarta (ANTARA) - Tayangan yang bertema kriminal selalu mampu memicu adrenalin penontonnya lewat aksi-aksi yang memukau, jalan cerita yang sulit ditebak, dan tentunya para karakter yang beragam.

Kunci kesuksesan dan keseruan aksi kriminal ini biasanya terletak pada tim yang dibentuk, di mana masing-masing anggota terpilih berdasarkan latar belakang dan kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, mari kita coba lihat beberapa karakter film dan serial yang mungkin bisa menjadi sebuah tim kriminal yang tak terkalahkan.

Sang otak: Profesor

Money Heist
Money Heist (HO/NETFLIX)


Setiap aksi kriminal selalu memiliki seorang pemimpin yang merencanakan dan mengatur segala sesuatunya. Contohnya adalah Profesor (Alvaro Morte) dalam serial "Money Heist", di mana ia merupakan dalang dari aksi pembobolan Royal Mint of Spain dengan cara yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Dia adalah orang yang sangat cerdas, perfeksionis, dan sangat detail, sehingga tidak heran apabila rencananya memakan waktu bertahun-tahun demi hasil yang sempurna.

Profesor juga merupakan orang yang peduli dengan peraturan dan moral, sehingga ia berharap timnya pun juga menerapkan hal yang sama. Jangan terkecoh dengan penampilannya yang tenang dan acuh karena sesungguhnya ia sangat perhatian dengan timnya.

Baca juga: Lima rekomendasi tayangan bertema kriminal yang bikin berdebar

Baca juga: Serial "Money Heist" akan berakhir di musim kelima


Sang otot: Andy
The Old Guard
​​​​​​​
​​​​​​​
THE OLD GUARD (2020) L-R: Kiki Layne ("Nile"), Charlize Theron ("Andy”). Photo Credit: AIMEE SPINKS/NETFLIX ©2020 (AIMEE SPINKS/NETFLIX/AIMEE SPINKS/NETFLIX)


Terkadang rencana yang disusun sebaik mungkin juga dapat berujung pada kegagalan. Oleh karena itu, sebuah tim kriminal membutuhkan sosok kuat yang mampu bertarung, menembak, dan membebaskan tim dari kesulitan.

Andy (Charlize Theron) dari film laga The "Old Guard" sepertinya bisa menjadi kandidat yang paling tepat untuk posisi ini. Sebagai jagoan berumur ratusan tahun yang hidup abadi, Andy dapat melindungi timnya dari segala bahaya yang mengancam.

Si bunglon: Assane Diop
Lupin
​​​​​​​
Lupin (HO/NETFLIX)


Peran yang tak kalah penting dalam sebuah aksi kriminal adalah sosok yang mampu menyamar menjadi siapapun, seperti Assane Diop (Omar Sy) di serial "Lupin".

Baik itu seorang jutawan, perayu wanita, petugas kebersihan, maupun jenius IT, Assane dapat melebur dalam situasi apapun. Dengan kemampuan dan teknik menyamarnya yang luar biasa, tidak heran apabila ia dapat kabur dari TKP tanpa ada satupun yang menyadarinya.

Sang peretas yang handal: Nine Ball
Ocean’s 8

 
Ocean’s 8 (HO/NETFLIX)


Tidak ada sistem keamanan yang cukup canggih untuk bisa mengalahkan ahli peretas seperti Nine Ball (Rihanna) di film "Ocean’s 8".

Karakter itu biasanya beraksi menggunakan nama rahasia dan pandai bersembunyi saat ada yang mencoba menyelidikinya lebih jauh. Nine Ball sendiri adalah sosok yang menjadi mata dan telinga bagi kawan-kawannya yang sedang ada di lapangan, serta siap mengacaukan sistem keamanan digital yang ketat hanya dengan sepuluh jarinya.

Baca juga: "Remake" serial TV barat ke versi drama Korea kian diminati

Baca juga: "Money Heist" resmi diadaptasi jadi serial Korea

Baca juga: Kolaborasi Free Fire dan Money Heist hadir akhir pekan ini

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021