Kalahkan ekspektasi, PDB kuartal keempat China tumbuh 6,5 persen

Kalahkan ekspektasi, PDB kuartal keempat China tumbuh 6,5 persen

Orang-orang menyeberang jalan selama jam sibuk pagi hari di depan kawasan pusat bisnis (CBD) di Beijing, China, 15 Desember 2020. ANTARA/REUTERS/Thomas Peter

PDB tumbuh 2,3 persen pada 2020, menjadikan China satu-satunya ekonomi utama di dunia yang menghindari kontraksi tahun lalu
Beijing (ANTARA) - Pemulihan ekonomi China pada kuartal keempat tahun lalu mengalahkan ekspektasi para analis, tumbuh 6,5 persen secara tahun ke tahun (yoy), data dari Biro Statistik Nasional menunjukkan pada Senin.

Pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) lebih cepat dari perkiraan 6,1 persen oleh para ekonom dalam jajak pendapat Reuters dan mengikuti pertumbuhan 4,9 persen pada kuartal ketiga.

PDB tumbuh 2,3 persen pada 2020, data menunjukkan, menjadikan China satu-satunya ekonomi utama di dunia yang menghindari kontraksi tahun lalu, ketika banyak negara berjuang untuk menahan pandemi COVID-19.

Baca juga: Dolar tahan kenaikan, data lemah AS rusak sentimen, fokus PDB China

Ekonomi terbesar kedua di dunia itu kembali pulih dengan kuat tahun lalu dari kelumpuhan yang dipicu oleh virus corona, dipicu oleh sektor ekspor yang sangat tangguh, tetapi konsumsi --pendorong utama pertumbuhan-- telah tertinggal dari ekspektasi di tengah kekhawatiran kebangkitan kembali kasus COVID-19.

Sejumlah data ekonomi yang cerah telah mengurangi kebutuhan untuk lebih banyak pelonggaran moneter tahun ini, membuat bank sentral mengurangi beberapa dukungan kebijakan, sumber mengatakan kepada Reuters, tetapi tidak akan ada perubahan arah kebijakan yang mendadak, menurut pembuat kebijakan terkemuka.

Pada basis kuartal ke kuartal, PDB naik 2,6 persen pada Oktober-Desember, kata biro, dibandingkan dengan ekspektasi untuk kenaikan 3,2 persen dan revisi kenaikan 3,0 pada kuartal sebelumnya.

Baca juga: Pemulihan ekonomi China kuartal IV lebih cepat, tanda lebih kuat 2021
Baca juga: Saham Asia mundur, tunggu data terbaru ekonomi China

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

PDB China tumbuh 3,2 persen di kuartal kedua 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar