Pasukan tambahan Kodam Hasanuddin mulai beroperasi di Mamuju

Pasukan tambahan Kodam Hasanuddin mulai beroperasi di Mamuju

Pangdam Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka. ANTARA/Suriani Mappong.

Makassar (ANTARA) - Pasukan tambahan dari Kodam XIV/Hasanuddin, yakni pasukan Satuan Tugas (Satgas) pengamanan logistik dan pengamanan VVIP Kikav 103/Yonkav 10/Mendagiri sebanyak 1 SSK mulai beroperasi di lokasi pascabencana Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

"Personel Yonkav 10/Mendagiri yang diberangkatkan kemarin dengan pesawat Hercules, mulai hari ini melaksanakan tugasnya di sana," kata Pangdam Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka di Makassar, Senin.

Baca juga: Kodam XIV/Hasanuddin kirim 50 ton beras ke Papua

Baca juga: Bantuan kebutuhan pokok mulai dibagikan kepada pengungsi gempa


Dia mengatakan pasukan yang diberangkatkan dari Lanud Sultan Hasanuddin Makassar kemarin (Minggu, 17/1) dipimpin oleh Lettu kav Mustakin Usman selaku Komandan SSK yang sebelumnya sudah masuk mendahului di lokasi bencana dari satuan Yonif 721/Mks 1 SSK dan 1 SSK dari Yon Zipur 8/ SMG.

Menurut Pangdam Hasanuddin, pihaknya mengerahkan pasukan satgas tersebut untuk mendukung personel organik/Komando Kewilayahan (Kowil) yang sudah ada dalam menjaga ketertiban dan keamanan pascagempa bumi di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulbar.

Selain pasukan, sejumlah bantuan sosial juga ikut diberangkatkan, seperti bahan makanan, pakaian, obat-obatan, dan perlengkapan sehari-hari.

Upaya evakuasi dan membersihkan puing-puing reruntuhan, lanjut dia, terus dilakukan hingga kondisi di sana kembali normal, termasuk membantu pengadaan dapur umum bersama dengan personel Polri, BPBD, SAR dan para relawan dari berbagai organisasi.

Baca juga: BMKG imbau masyarakat Sulbar tak terpancing informasi sesat

Untuk pengerjaan fisik lainnya, personel Kodam XIV/Hasanuddin juga turut membantu memindahkan material longsoran berupa bebatuan ukuran besar di lokasi jalan trans Mamuju-Majene yang terjadi pagi hari.
Pangdam Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka. ANTARA Foto/ Suriani Mappong

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Puluhan pasukan bermotor salurkan bantuan untuk warga terdampak

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar