Sebagian besar (relawan yang divaksin) itu bergejala ringan jadi nggak dirawat. Nah yang dapat plasebo ada yang dirawat
Bandung (ANTARA) - Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 menjelaskan penyebab 25 relawan uji vaksin yang bisa terpapar virus corona karena ada beberapa yang hanya mendapat plasebo dan relawan yang terpapar dari luar.

Ketua Tim Riset Vaksin COVID-19 Prof Kusnandi Rusmil di Bandung Senin mengatakan 18 dari 25 relawan itu memang disuntikkan plasebo pada saat proses uji vaksin itu. Plasebo sendiri merupakan cairan netral yang tidak mengandung vaksin untuk tujuan uji klinis.

Baca juga: Tim Riset Unpad pastikan terus pantau relawan vaksin positif COVID-19

"Dari hasil yang kemarin yang dapat vaksin yang sakit (COVID-19) tujuh orang, yang dapat plasebo 18 orang," kata Kusnandi.

Menurutnya tujuh orang relawan yang sudah disuntikkan vaksin kemudian terpapar COVID-19 itu tertular dari luar dan bukan dari vaksin itu sendiri.

Karena, kata Kusnandi, para relawan memang boleh beraktivitas seperti biasanya. Meski begitu, Kusnandi memastikan mereka tetap mendapat pengawasan dari tim riset vaksin.

Baca juga: Tim Riset: 248 orang sudah disuntik vaksin COVID-19 Sinovac

"Sebagian besar (relawan yang divaksin) itu bergejala ringan jadi nggak dirawat. Nah yang dapat plasebo ada yang dirawat," kata Kusnandi.

Selain itu, adanya relawan yang terpapar COVID-19 itu memang masih masuk ke dalam perhitungan efikasi uji klinis vaksin tersebut.

Sejauh ini menurutnya tingkat efikasi uji klinis vaksin yang dilaksanakan di Bandung itu sebesar 65 persen, sehingga hal tersebut memenuni syarat efikasi yang harus di atas angka 50 persen.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021