Jangan takut, turun ke jalan. Jangan keluar untukku, keluar untuk dirimu sendiri dan masa depanmu
Moskow (ANTARA) - Pengkritik Kremlin Alexei Navalny pada Senin (18/1) mendesak warga Rusia untuk turun ke jalan sebagai protes setelah hakim menahannya di tahanan prasidang selama 30 hari meskipun ada seruan dari negara-negara Barat untuk membebaskan politisi oposisi itu.

Perserikatan Bangsa-Bangsa dan negara-negara Barat telah memberi tahu Moskow sebelum keputusan untuk melepaskan Navalny, dan beberapa negara telah menyerukan sanksi baru terhadap Moskow, yang pada Senin mengatakan kepada mereka untuk memikirkan urusan mereka sendiri.

Keputusan untuk menahannya dalam tahanan karena melanggar ketentuan hukuman penjara yang ditangguhkan, sehari setelah dia terbang kembali ke Rusia untuk pertama kalinya sejak dia diracuni dengan zat perusak saraf pada musim panas lalu, bisa menjadi awal baginya untuk dipenjara selama bertahun-tahun. .

Layanan penjara Moskow telah mengajukan permohonan untuk mengubah hukuman penggelapan yang ditangguhkan selama tiga setengah tahun dalam kasus yang sama, yang menurut Navalny direkayasa, menjadi hukuman penjara yang riil awal bulan depan. Dia juga menghadapi tiga kasus pidana terpisah lainnya.

Saat Navalny dibawa keluar dari kantor polisi, dia memberi tahu para pendukung bahwa satu-satunya hal yang perlu mereka takuti adalah ketakutan mereka sendiri.

"Jangan takut, turun ke jalan. Jangan keluar untukku, keluar untuk dirimu sendiri dan masa depanmu," kata Navalny dalam video yang diunggah ke Twitter.

Pendukung berencana untuk berkumpul di seluruh negeri Sabtu ini, dan permohonan untuk pertemuan 10.000 orang pada akhir bulan ini telah diajukan ke otoritas Moskow.

Lebih dari 70 pendukung Navalny dan jurnalis ditahan di seluruh Rusia pada Senin, kata kelompok Pemantau OVD-Info.

Navalny, 44, menyebut perlakuannya ilegal dan menuduh Presiden Vladimir Putin melemparkan undang-undang kriminal ke luar jendela karena ketakutan.

Kremlin tidak menanggapi, tetapi sebelumnya mengatakan Navalny harus menghadapi keadilan jika dia melakukan kesalahan.

Sekitar 200 pendukung Navalny berkumpul di luar kantor polisi dalam suhu yang sangat dingin.

Ketika mereka mendengar dia telah ditahan, mereka mulai meneriakkan, "Memalukan!" dan "Putin lengserlah!"

Empat petugas polisi bermasker menahan Navalny di pemeriksaan paspor pada Minggu malam ketika dia kembali ke Rusia setelah dirawat di Jerman karena tes militer Jerman menunjukkan keracunan oleh zat perusak saraf Novichok. Kremlin menolak apa yang ditunjukkan oleh pengujian militer Jerman itu.

Rubel melemah karena investor mempertimbangkan risiko sanksi baru terhadap Moskow.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kantor HAM PBB minta Rusia segera bebaskan Navalny

Baca juga: Menlu Jerman tuntut Navalny segera dibebaskan

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2021