Tak cuma jual minuman, ada "vending machine" jual perlengkapan bayi

Tak cuma jual minuman, ada "vending machine" jual perlengkapan bayi

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Mesin penjual alias "vending machine" di Jepang tersebar di berbagai penjuru, di pinggir jalan, stasiun kereta, bahkan daerah terpencil pedesaan.

Sebagian besar menjual minuman, tapi ada juga mesin yang menyediakan telur, apel, hamburger bahkan kaldu ikan. Dalam keadaan darurat, orang juga bisa beli pakaian dalam, dasi sampai masker. Apa lagi yang ditawarkan?

Jawabannya hadir lewat mesin yang menjual perlengkapan bayi seperti popok yang bisa ditemukan di sejumlah lokasi.

Baca juga: Suqma luncurkan vending machine khusus hijab

Baca juga: Di Prancis, tiram dijual di mesin "vending"


Di Eniwa, misalnya, stasiun di pinggir jalan menyediakan pojok bayi 24 jam berisi mesin penjual otomatis yang menyediakan popok sekali pakai, tisu basah bayi, susu kaleng yang bisa dengan mudah dituangkan ke botol bayi.

Biro Pengembangan Regional Hokkaido, pemerintah kota setempat, dan Hokkaido Coca-Cola Bottling Co. bergabung dalam inisiatif ini pada tahun 2019. Sejauh ini, mesin penjual otomatis yang menyediakan perlengkapan bayi tersedia di 11 stasiun di pulau paling utara Jepang.

"Ketika kami memikirkan tentang apa yang bisa dilakukan untuk membantu masyarakat, kami punya ide untuk membantu pengasuhan anak dengan mesin penjual otomatis bersama Hokkaido Coca-Cola, yang sebelumnya sudah berhubungan dengan kami saat terjadi bencana," kata seorang penanggung jawab di biro pembangunan daerah, bagian dari Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata.

Di Shizuoka dan Fukuoka, ada mesin penjual sejenis di beberapa tempat, seperti mesin penjual popok sekali pakai dan tisu basah.

Butuh waktu untuk mewujudkan ide membeli popok dari mesin semudah membeli sekaleng kopi. Dalam lokakarya pada 2016 yang diselenggarakan perusahaan nirlaba Comachiplus di Yokohama yang mendukung pengasuhan anak, seorang ayah berpendapat akan sangat membantu bila ada mesin penjual popok.

Dia menuturkan repotnya membawa banyak perlengkapan bayi saat keluar rumah, terutama popok yang memakan tempat.

Setelah mendengar pendapat ini, para pejabat terkait menghabiskan waktu satu tahun untuk merancang mesin penjual popok sekali pakai pertama di Jepang.

Mesin penjual ini menyediakan popok ukuran sedang dan besar lengkap dengan plastik dan tisu basah. Kehadiran vending machine berisi perlengkapan bayi ini diharapkan bisa memudahkan orangtua, khususnya ibu, saat keluar rumah.

Baca juga: Kiat bawa bayi naik pesawat, beri ASI dan pastikan popok bersih

Baca juga: Mahasiswa ciptakan popok dari sabut kelapa, ini keunggulannya

Baca juga: Kapan sebaiknya ganti popok bayi?

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mendulang Rupiah dari popok bayi bekas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar