Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Fraksi Partai NasDem Ahmad Sahroni mengatakan fraksinya akan mendalami beberapa hal dalam uji kelayakan calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, salah satunya komitmen dalam menuntaskan permasalahan premanisme.

"NasDem fokus pada keamanan dan kenyamanan masyarakat Indonesia, tuntaskan premanisme apapun bentuknya," kata Sahroni kepada Antara di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan, F-NasDem juga meminta Listyo Sigit untuk semakin memperkuat soliditas Polri-TNI dalam menjalankan tugas kebangsaan ke depannya.

Sahroni menjelaskan, terkait penegakan hukum juga menjadi sorotan fraksinya untuk didalami di uji kelayakan calon Kapolri yaitu harus memberikan keadilan pada seluruh masyarakat.

Baca juga: Komisi III gelar uji kelayakan calon Kapolri
Baca juga: Komisi III DPR terapkan prokes ketat saat uji kelayakan calon Kapolri
Baca juga: Polri serahkan naskah makalah kebijakan Kapolri ke Komisi III DPR


"Penegakan hukum harus lebih pada kepentingan keadilan masyarakat seluas-luasnya tanpa 'pandang bulu'," ujarnya.

Komisi III DPR RI akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri pada Rabu pukul 10.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Sesuai jadwal, pukul 10.00-12.00 WIB merupakan paparan calon Kapolri dari makalah yang telah dibuatnya dan diserahkan kepada Komisi III DPR.

Dalam waktu sekitar dua jam tersebut, calon Kapolri diberikan kesempatan untuk menjabarkan visi-misinya di hadapan para anggota Komisi III DPR.

Setelah itu uji kelayakan dilanjutkan pada pukul 14.00 WIB dengan agenda pendalaman terkait visi-misi calon Kapolri yaitu para anggota Komisi III DPR mengajukan pertanyaan.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021