Anggota DPR: Listyo harus jadikan Polri sebagai sahabat rakyat

Anggota DPR: Listyo harus jadikan Polri sebagai sahabat rakyat

Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz (kedua kanan) berfoto bersama Kabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (kiri) dan Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery (tengah) sebelum Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021). ANTARA FOTO/Pool/Galih Pradipta/foc.

Listyo Sigit harus dapat menjadikan Polri menjadi sahabat rakyat dan selalu dekat dengan rakyat bukan menjadi hal yang menakutkan jika berada di tengah rakyat
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi mengatakan calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo apabila menjadi Kapolri harus menjadikan institusi Polri sebagai sahabat rakyat sehingga citra Kepolisian tidak menakutkan saat berada di tengah masyarakat.

"Listyo Sigit harus dapat menjadikan Polri menjadi sahabat rakyat dan selalu dekat dengan rakyat bukan menjadi hal yang menakutkan jika berada di tengah rakyat," kata Andi Rio di Jakarta, Rabu.

Dia berharap agar kedepannya Komjen Pol Listyo ketika menjabat Kapolri dapat terus berupaya dan meyakinkan masyarakat bahwa Polri bekerja secara profesional dan selalu dekat dengan masyarakat.

Andi Rio mengaku optimistis Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memiliki kredibilitas dan kapabilitas yang tidak diragukan lagi untuk meneruskan tongkat komando dari Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun pada akhir bulan Januari 2021.

"Saya mendukung Komjen Pol Listyo karena telah memiliki segudang pengalaman dan telah menempati tempat tempat strategis di tubuh Polri, tentunya akan lebih mudah menjalankan tugas," ujarnya.

Baca juga: Komjen Listyo Sigit sampaikan 8 komitmen saat pimpin Polri

Baca juga: Komjen Listyo Sigit: Penegakan hukum harus tegas namun humanis


Selain itu dia menjelaskan, uji kelayakan calon Kapolri yang dilakukan Komisi III DPR akan dimanfaatkan para anggota dan fraksi di DPR untuk menggali lebih dalam tentang visi-misi Listyo Sigit.

Menurut politisi Partai Golkar itu, uji kelayakan juga harus dapat di jadikan momentum Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo untuk membuktikan dirinya di hadapan Komisi III dan masyarakat bahwa dirinya memang layak memimpin Polri.

"Hal itu dapat dibuktikan dalam pemaparan makalah dan menjawab pertanyaan anggota secara lugas dan tegas mengenai masa depan Polri di bawah tongkat komando beliau," katanya.

Sebelumnya, Komisi III DPR RI menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri pada Rabu pukul 10.00 WIB dengan menerapkan prokotol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Sesuai jadwal, pukul 10.00-12.00 WIB merupakan paparan calon Kapolri dari makalah yang telah dibuatnya dan diserahkan kepada Komisi III DPR.

Dalam waktu sekitar dua jam tersebut, calon Kapolri diberikan kesempatan untuk menjabarkan visi-misinya di hadapan para anggota Komisi III DPR.

Setelah itu uji kelayakan dilanjutkan pada pukul 14.00 WIB dengan agenda pendalaman terkait visi-misi calon Kapolri yaitu para anggota Komisi III DPR mengajukan pertanyaan.

Uji kelayakan calon Kapolri tersebut dipimpin Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry didampingi para Wakil Ketua Komisi III DPR RI yaitu Ahmad Sahroni, Desmond J Mahesa, Pangeran Khairul Saleh, dan Adies Kadir. Selain itu juga dihadiri Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad.

Baca juga: Kapolri Idham Azis antarkan Listyo Sigit jalani uji kelayakan

Baca juga: Komisi III gelar uji kelayakan calon Kapolri


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

DPR RI minta GeNose kantongi regulasi dari Kemenkes

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar