DPR setujui 3 nama dewan pengawas LPI

DPR setujui 3 nama dewan pengawas LPI

Ketua DPR RI Puan Maharani menerima Surat Presiden RI No R-03/Pres/01/2021 terkait Lembaga Pengelola Investasi dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen RI, Senayan Jakarta, Selasa (12/1/2021). ANTARA/HO-Biro Pemberitaan DPR RI/am.

DPR sudah melakukan konsultasi dan segera berkirim surat kepada Bapak Presiden untuk dapat menerima tiga nama calon anggota Dewas LPI yang sudah diusulkan Presiden
Jakarta (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyetujui tiga usulan nama untuk dewan pengawas (Dewas) Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI) yang dipilih Presiden Joko Widodo.

Tiga nama calon Dewas LPI yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo itu  adalah Darwin Cyril Noerhadi, Yozua Makes, dan Haryanto Sahari.

“Sesuai mekanisme DPR akan berkirim surat kepada Presiden untuk dapat menerima usulan tiga nama calon anggota Dewas LPI,” Ketua DPR RI Puan Maharani di Jakarta, Rabu.

Puan menjelaskan sesuai dengan mekanisme maka Presiden Joko Widodo mengirim surat untuk melakukan rapat konsultasi dengan DPR mengenai ketiga nama yang telah dipilih.

“Sehingga hari ini kami menerima panitia seleksi (pansel) beserta tiga orang calon anggota dewas independen itu,” ujarnya.

Puan menuturkan pihaknya mendapat penjelasan dari pansel tentang proses seleksi Dewas sekaligus diperkenalkan dengan tiga nama yang dipilih Presiden dalam pertemuan konsultasi itu.

Selanjutnya, Puan memastikan pihak DPR RI akan segera membalas surat yang dikirim Presiden Joko Widodo pada 12 Januari 2021.

“DPR sudah melakukan konsultasi dan segera berkirim surat kepada Bapak Presiden untuk dapat menerima tiga nama calon anggota Dewas LPI yang sudah diusulkan Presiden,” katanya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pihaknya sudah melakukan seleksi calon anggota Dewas secara terbuka dan kredibel, kemudian Presiden memilih tiga dari enam nama yang diajukan oleh pansel.

“Alhamdulillah Ibu Ketua dan pimpinan DPR merasa seluruh proses adalah proper dan kualifikasi dari calonnya,” ujarnya.

Sri Mulyani menegaskan ketiga nama tersebut independen dan sudah sesuai dengan kriteria untuk menjadi Dewas LPI dari unsur profesional.

Oleh sebab itu, ia mengatakan Presiden Joko Widodo akan segera menetapkan Dewas LPI setelah menerima surat dari Ketua DPR RI Puan Maharani.

”Selanjutnya setelah Dewas terbentuk maka kita akan membentuk Dewan Direktur dan akan melaksanakan sesuai dengan misi undang-undangnya,” katanya.

Baca juga: Ketua DPR RI terima Surpres terkait Lembaga Pengelola Investasi

Baca juga: Ekonom: LPI berpeluang jadi salah satu intrumen dorong investasi ke RI

Baca juga: Usai vaksinasi, Jokowi bertemu Sri Mulyani dan Erick Thohir bahas LPI

Baca juga: Pemerintah buka seleksi bagi tiga calon dewan pengawas LPI

 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden lantik Dewas Lembaga Pengelola Investasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar