Bantuan alat bersumber APBD/APBN tahun anggaran 2020
Samarinda (ANTARA) - Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kalimantan Timur (Kaltim) memberikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa alat angkut (motor roda 3), pompa air, embung, dan rumah kompos untuk Balai Benih Pertanian di Kabupaten Kutai Timur.

Kepala Dinas PTPH Kaltim Siti Farisyah Yana mengatakan pemberian bantuan alat tersebut sebagai upaya mendukung pengembangan tanaman pangan dan hortikultura di daerah.

"Bantuan alat bersumber APBD/APBN tahun anggaran 2020," kata Yana saat dihubungi dari Samarinda, Rabu.

Bantuan peralatan diserahkan Kadis PTPH Kaltim Siti Farisyah Yana kepada UPT Balai Benih Induk Hortikultura Kecamatan Rantau Pulung, Kutai Timur.

Penyerahan bantuan dirangkai dengan panen perdana pisang kepok Varietas Grecek, penanaman jahe merah dan kelengkeng yang dihadiri Kepala UPT BBIH Kecamatan Rantau Pulung Katrina Bungan, Kepala UPTD BBITPH Davis Hendra, Kasi Pengembangan Hortikultura Amalia Dina Widyastuti dan Camat Rantau Pulung Mulyono.

Siti Farisyah Yana menuturkan perlu komitmen pihak pemangku kepentingan di Kecamatan Rantau Pulung dalam tiga tahun ke depan untuk pengembangan berbagai komoditas lain.

"Setidaknya daerah harus memiliki cadangan pangan, guna menjaga rawan pangan dan pencegahan stunting," kata Yana.

Selain itu, untuk meningkatkan nilai tambah petani, maka perlu adanya eksportir yang secara langsung mengekspor dari Kutai Timur ke luar negeri

Yana menambahkan, perlu menetapkan lahan pertanian pangan untuk memastikan keberlanjutan kegiatan dan lahan pertanian.

"Perlu keberlanjutan kegiatan, terutama setelah mendapatkan bantuan dari pemerintah, agar tidak terjadi pemborosan uang negara," ujarnya pula.

Kadis Pertanian dan Peternakan Kutai Timur Sugiono mengungkapkan strategi pengembangan hortikultura dengan memaksimalkan komoditas sesuai potensi dan kondisi wilayah.

Kepala UPT BBIH Kecamatan Rantau Pulung Katrina Bungan mengatakan produksi benih pisang grecek 50 pohon pada tahun 2020, dan pihaknya telah mendapatkan bantuan motor roda tiga.

Baca juga: DPTPH Kaltim beri pelatihan gapoktan budi daya padi organik
Baca juga: DPTPH Kaltim gelar pasar murah


Pewarta: Arumanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021