Jakarta (ANTARA) - Langkah tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting terhenti di babak kedua turnamen bulu tangkis Toyota Thailand Open setelah dikalahkan wakil Hong Kong Lee Cheuk Yiu, Kamis.

Dalam laga yang berlangsung selama 61 menit di Impact Arena, Bangkok, Anthony dipaksa menyerah dengan skor 19-21, 21-13, 12-21.

Kekalahan ini tercatat menjadi yang pertama bagi Anthony dari Lee Cheuk Yiu, dari total tiga pertemuan antara keduanya.

Anthony membuka keunggulan pada awal gim pertama sebelum diimbangi 4-4 oleh Lee. Namun beruntung, unggulan kelima itu berhasil kembali memimpin 11-8 saat interval.

Pemain peringkat keenam dunia itu semakin agresif merebut poin. Dia bahkan mampu menjauhkan margin hingga kedudukan 17-10.

Tak berselang lama, Lee berhasil menghentikan laju perolehan poin Anthony dengan membukukan enam poin beruntun untuk mengubah kedudukan menjadi 17-16.

Selepas itu, Lee terus memberikan serangan-serangan cepat yang kerap berkali-kali gagal diantisipasi Anthony. Kedudukan sempat imbang 19-19 sebelum smes keras dari Lee menutup gim pertama dengan skor 21-19.

Baca juga: 10 wakil Indonesia berjuang ke perempat final Thailand Open II

Gim kedua berlangsung cukup mudah bagi Anthony karena kesalahan sendiri yang dilakukan sang rival. Anthony unggul jauh dengan skor 11-5 saat interval.

Tren positif tersebut berhasil dijaga oleh Anthony hingga gim kedua dimenangkan dengan skor 21-13.

Persaingan perolehan poin semakin terasa saat memasuki gim ketiga. Kedua pemain terlibat adu kejar poin hingga kedudukan 6-6. Selepas itu, Lee dengan pukulan-pukulan kerasnya akhirnya melesat untuk menutup interval gim ketiga dengan skor 11-7.

Anthony sempat mengikis jarak saat kedudukan 10-13. Sayangnya, dia tampak kehilangan fokus karena dalam beberapa kesempatan justru melakukan kesalahan sendiri hingga pengujung gim ketiga.

Pada akhirnya, Anthony pun kalah di gim ketiga dengan skor yang terpaut jauh, yakni 12-21.

Dengan kekalahan Anthony, Indonesia tinggal menyisakan satu wakil tunggal putra, yakni Shesar Hiren Rhustavito setelah unggulan keenam Jonatan Christie tersingkir lebih awal di babak pertama oleh wakil India HS Prannoy.

Baca juga: Anthony Sinisuka Ginting gagal ke final Thailand Open
Baca juga: Jonatan Christie kandas di babak pertama Thailand Open II
Baca juga: Ahsan/Hendra ungkap kunci kemenangan di bawah tekanan cedera


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021