Indonesia akan semakin perkenalkan ASEAN di Italia

Indonesia akan semakin perkenalkan ASEAN di Italia

Duta Besar RI untuk Italia Esti Andayani. (HO-KBRI Roma)

Jakarta (ANTARA) - Indonesia, yang secara resmi menjabat sebagai ketua ASEAN Committee in Rome (ACR) untuk periode Januari-Juli 2021, akan semakin memperkenalkan perhimpunan tersebut serta negara-negara anggotanya di Italia.

Serah terima jabatan keketuaan ACR dilakukan pada pertemuan ke-56 para duta besar ACR pada Rabu (20/1), oleh ketua ACR sebelumnya Dubes Vietnam Thi Bich Hue kepada Dubes Indonesia Esti Andayani.

Saat menyampaikan sambutan setelah penetapan keketuaan Indonesia, seperti disampaikan dalam rilis KBRI Roma, Kamis, Dubes Esti menyatakan kesiapan Indonesia untuk menjalankan tanggung jawab sebagai ketua ACR.

"Di tengah situasi pandemi COVID-19, upaya ACR tidak akan berhenti. Banyak kerja sama yang dapat dan perlu dilakukan dengan Italia. Saya tentunya membutuhkan bantuan dan kerja sama seluruh pihak untuk menjalankan misi ACR guna semakin memperkenalkan ASEAN dan negara-negara anggota ASEAN di Italia,” tutur Dubes Esti.

“Secara khusus, dengan telah disepakatinya Italia sebagai negara development partner (mitra pembangunan—red) ASEAN, maka menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mengisi kerja sama kemitraan tersebut dengan berbagai program dan inisiatif kegiatan yang saling menguntungkan,” kata Esti melanjutkan.

Dalam pertemuan virtual itu, telah disampaikan rencana kegiatan ACR di bawah keketuaan Indonesia.

Para dubes ASEAN juga telah menyetujui rencana kegiatan ACR selama enam bulan ke depan, diantaranya penyelenggaraan Konferensi Pemuda ASEAN-Italia pada April 2021, serta kegiatan Torino-ASEAN Business Day pada pertengahan 2021 untuk mendekatkan ASEAN dengan berbagai pihak di wilayah Italia, khususnya kelompok bisnis Italia.

Momentum kerja sama ASEAN dan Italia ditandai dengan pemberian status development partner kepada Italia pada September 2020. Keputusan tersebut disepakati para menteri luar negeri ASEAN pada pertemuan 9 September 2020.

Italia memandang penting peran ASEAN baik di kawasan regional maupun internasional, dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup baik, serta keberhasilan ASEAN dalam menjaga ekosistem perdamaian, keamanan, dan kesejahteraan di kawasan.

Sebelumnya, kerja sama Italia dan ASEAN dilakukan melalui kerangka kerja sama ASEAN-Uni Eropa. Meskipun demikian, Italia juga cukup aktif menyelenggarakan beberapa inisiatif kegiatan diantaranya beberapa kali kegiatan High Level Dialogue (HLD) on ASEAN-Italy Cooeperation di Jakarta (2017), Singapura (2018), serta Hanoi (2019).

Sementara itu sesi ke-4 kegiatan HLD tersebut dilakukan bekerja sama dengan Malaysia, dengan penyelenggaraan beberapa sesi virtual round table discussion selama tahun 2020 dan 2021.

ACR adalah organisasi yang beranggotakan enam negara anggota ASEAN di Italia yaitu Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

ACR adalah bagian dari organisasi ASEAN Committee in Third Countries(ACTC) yang dibentuk ASEAN berdasarkan artikel 43 dalam Piagam ASEAN. Hingga saat ini terdapat 54 ACTC, termasuk ACR.
Baca juga: Indonesia-Italia sepakat tingkatkan kerja sama ekonomi
Baca juga: Italia : ASEAN punya potensi menjanjikan


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Suharto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kolaborasi Italia dan Toba dalam Pizza Andaliman

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar