KRI Oswald Siahaan-354 kirim bantuan sosial ke Mamuju

KRI Oswald Siahaan-354 kirim bantuan sosial ke Mamuju

Panglima Koarmada II Laksda TNI I.N.G Sudihartawan memeriksa kesiapan KRI Oswald Siahaan-354 sebelum diberangkatkan dari Surabaya menuju Mamuju dalam misi sosial membantu korban bencana gempa bumi. (ANTARA Jatim/HO-Puspen Koarmada II/HN)

Surabaya (ANTARA) - Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Oswald Siahaan-354 berlayar dari Surabaya menuju Mamuju, Sulawesi Barat, dengan membawa berbagai bahan bantuan sosial bagi korban bencana gempa bumi, Kamis.

Panglima Komando Armada (Koarmada) II Laksamana Muda (Laksda) TNI I N.G. Sudihartawan di Surabaya mengatakan misi pengiriman bahan bantuan sosial tersebut dikomandani Letnan Kolonel Laut (P) Nurul Muclis dari unsur Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II Surabaya.

"Misi sosial ini diawali dengan embarkasi bahan bantuan yang didapatkan melalui pos komando yang dibentuk di bawah kendali Staf Potensi Maritim Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut atau Lantamal V Surabaya," katanya saat memberangkatkan KRI Oswald Siahaan-354 di Dermaga Madura, Ujung, Koarmada II Surabaya.

Baca juga: Divif 3 Kostrad salurkan bantuan untuk korban gempa Sulbar

Dia menandaskan bantuan sosial yang terkumpul di antaranya berasal dari Koarmada II, Koarmada III, Akademi Angkatan Laut (AAL), Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal), Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal), Lantamal V, serta seluruh Satuan Pelaksana (Satlak) Marinir di Surabaya.

Selain itu berasal dari Paguyuban Moro Tepat Ladies, Moro Cakra, Yayasan Seribu Cinta, Yayasan Rampai Cinta Indonesia serta mitra maritim Koarmada II.

Bantuan kebanyakan berupa sembilan bahan pokok (Sembako) seperti beras, mi instan, air mineral kemasan dan makanan bayi. Selain itu tenda, selimut, peralatan mandi, perlengkapan wanita, obat-obatan, masker dan lain-lain.

Mewakili Kepala Staf Angkatan Laut, Pangkoarmada Laksda Sudihartawan mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra maritim Koarmada II yang telah bersinergi mendukung dan membantu pemerintah dalam mengatasi situasi dan kondisi masyarakat yang berduka.

"Kegiatan pemberian bantuan terhadap korban bencana ini merupakan bagian dari tugas TNI Angkatan Laut selaku Prajurit Sapta Marga. Koarmada II bersinergi dengan mitra maritim, saling bahu membahu mengumpulkan bantuan kemanusiaan untuk disalurkan kepada korban bencana," ucapnya.

Baca juga: Kemenhub apresiasi Pelni angkut bantuan kemanusiaan ke Sulbar-Kalsel
Baca juga: Prajurit TNI AL disebar ke pulau-pegunungan antar bantuan gempa Sulbar

Pewarta: A Malik Ibrahim/Hanif Nashrullah
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Iran resmikan kapal perang yang mampu angkut pesawat terbang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar