Jakarta (ANTARA) - Barcelona dan Athletic Bilbao menjadi dua tim terakhir yang melengkapi daftar peserta babak 16 besar Copa del Rey, setelah keduanya sama-sama menang atas tim strata ketiga dalam pertandingan 32 besar pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Barcelona yang melawat ke kandang tim Catalunya lain, Cornella, harus melewati babak tambahan waktu untuk menang 2-0 atas tim strata ketiga itu di Stadion Nou Camp Municipal.

Tim besutan Ronald Koeman itu sebetulnya punya banyak peluang bagus untuk memenangi pertandingan di waktu normal, tetapi semuanya tak membuahkan hasil termasuk dua hadiah tendangan penalti yang mereka dapatkan.

Baca juga: Jelang lawan tim kasta ketiga, Ronald Koeman keluhkan kondisi lapangan

Penalti pertama diperoleh pada menit ke-39, dieksekusi oleh Miralem Pjanic tetapi kiper Ramon Juan melakukan aksi penyelamatan gemilang untuk mencegah Barcelona memimpin.

Lantas pada menit ke-80, Barcelona juga mendapat hadiah tendangan penalti lagi dan kali ini Pjanic yang menyadari kegagalannya memberi kesempatan untuk Ousmane Dembele menjadi algojo.

Naas bagi Dembele, Ramon kembali tampil gemilang untuk membaca arah bola dan mementahkan eksekusi penalti pemain asal Prancis itu.

Dalam lima menit terakhir waktu normal, Ramon melakukan satu penyelamatan lain atas tembakan Pjanic untuk memaksa babak tambahan waktu dimainkan.

Dua menit memasuki babak tambahan waktu Dembele membayar lunas kegagalannya dengan mencetak gol untuk menaklukkan Ramon dan membawa Barcelona memimpin atas Cornella.

Kerja keras Cornella harus berakhir dengan tragis sebab pada menit ke-118 Estelles menerima kartu kuning kedua dan di pengujung babak tambahan waktu Martin Braithwaite memperdaya Ramon dalam situasi satu lawan satu untuk mengunci kemenangan 2-0 bagi Barcelona.

Baca juga: Real Madrid jadi korban kejutan berikutnya di Copa del Rey

Dalam pertandingan lain yang berlangsung lebih awal, Bilbao berhasil bangkit dari ketertinggalan untuk mengatasi Ibiza 2-1 di Stadion Municipal de Can Mises.

Tim strata ketiga Ibiza mampu mencuri keunggulan lebih dulu pada menit ke-12 ketika tembakan jarak jauh Javi Perez gagal diantisipasi kiper Jokin Ezkieta dan bersarang ke gawang Bilbao.

Kerja keras Bilbao baru membuahkan hasil tujuh menit memasuki babak kedua, ketika umpan silang Iker Muniain mampu disambut tandukan tajam Raul Garcia.

Sejak kedudukan menjadi imbang, baik Ibiza maupun Bilbao sama-sama melancarkan serangan untuk mencari gol penentu kemenangan dan upaya mereka agaknya akan berujung harus dimainkannya babak tambahan waktu.

Namun, pada menit pertama injury time Unai Nunez menerima bola di dalam kotak penalti dan melakukan penyelesaian dengan baik, mengirim bola ke pojok kanan bawah gawang untuk mengunci kemenangan Bilbao 2-1 atas Ibiza.

Barcelona dan Bilbao masih menanti lawan mereka di babak 16 besar dalam undian yang akan dilangsungkan pada Jumat malam ini, di antaranya terdapat Sevilla, Valencia dan tentunya finalis musim lalu, Real Sociedad.

Baca juga: Sociedad lewati tim strata ketiga Cordoba menuju 16 besar Copa del Rey
Baca juga: Zidane akui tetap tenang meski terancam dipecat Real Madrid
Baca juga: Sevilla berjibaku lewati Leganes, Elche dan Cadiz jadi korban kejutan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021