BMKG: Waspadai hujan disertai petir di Sumut

BMKG: Waspadai hujan disertai petir di Sumut

Seorang warga berjalan melintasi genangan air di Jalan Balaikota Medan, Sumatera Utara. ANTARA FOTO/Septianda Perdana/wsj/aa.

Medan (ANTARA) - BMKG mengingatkan agar masyarakat mewaspadai potensi hujan sedang dan lebat yang dapat disertai petir di Pegunungan, Lereng Timur, Lereng Barat, dan Pantai Barat Sumatera Utara

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima dari BMKG di Medan, Jumat, pada siang hari cuaca di sejumlah daerah di Sumatera utara berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang seperti di wilayah Deli Serdang, Karo, Simalungun, Langkat, Samosir, Asahan dan sekitarnya.

Pada sore hingga malam hari berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Simalungun, Karo, Dairi, Tapanuli Utara, Humbahas, Toba, Asahan, Tapanuli tengah, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Baca juga: BBMKG: Sirkulasi Eddy munculkan cuaca ekstrem di Sumut

Atas kondisi tersebut BMKG mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat agar potensinya terjadi hujan yang disertai petir terutama di daerah pegunungan, Lereng Timur, Lereng Barat, dan Pantai Barat Sumatera Utara
.
Suhu udara antara 17.0-32.0 derajat celsius, kelembaban udara 60-98 persen dan angin berhembus dari barat daya- timur laut dengan kecepatan 10-20 km per jam.

Sementara prakiraan gelombang laut di perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Samudera Hindia Barat Aceh, Perairan Nias- Sibolga dan Samudera Hindia Barat Nias mencapai 1,25-2,5 meter.

Baca juga: BMKG: Hujan di Sumut akibat sirkulasi siklonik Samudera Hindia
Baca juga: BMKG: Dampak sirkulasi siklonik meluas ke-10 provinsi di Sumatera

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

PLN Sumut antisipasi gangguan pasokan listrik di sejumlah wilayah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar