Liga Jerman

Gladbach terobos empat besar selepas taklukkan Dortmund

Gladbach terobos empat besar selepas taklukkan Dortmund

Para pemain Borussia Moenchengladbach (kaus putih) merayakan gol keempat mereka ke gawang Borussia Dortmund pada pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di Stadin Borussia Park, Moenchengladbach, Jumat (22/1/2021).(AFP/WOLFGANG RATTAY)

Jakarta (ANTARA) - Borussia Moenchengladbach menerobos empat besar klasemen sementara Liga Jerman selepas menaklukkan Borussia Dortmund dengan skor 4-2 dalam laga pekan ke-18 di Stadion Borussia Park, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Empat dari enam gol pertandingan itu tercipta di babak pertama, dua dari Nico Elvedi untuk Gladbach dan dua lainnya dicetak Erling Haaland bagi Dortmund. Tapi di babak kedua, Dortmund gagal membalas dua gol Gladbach yang dibukukan Ramy Bensebaini dan Marcus Thuram, berujung kemenangan bagi tuan rumah.

Tambahan tiga poin membuat Gladbach kini mengoleksi 31 poin dan tim besutan Marco Rose itu melompat dari urutan ketujuh ke peringkat keempat, menggusur Dortmund (29) yang sekarang tersisih ke posisi kelima, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Baca juga: Elvedi membuat Gladbach menang tipis 1-0 atas Bremen

Tuan rumah tidak membuang waktu untuk menggempur tamunya, dan mereka sempat mencetak gol saat laga baru berlangsung 50 detik. Namun sepakan melengkung Florian Neuhaus yang masuk ke gawang Dortmund tidak disahkan menjadi gol karena Jonas Hofmann melakukan pelanggaran dalam proses serangan.

Penganuliran tidak mengecilkan semangat para pemain Gladbach yang sukses membuka keunggulan pada menit ke-11 melalui tandukan Elvedi menyambut umpan silang kiriman Hofmann.

Keunggulan itu tak bertahan lama, sebab Dortmund segera membalas pada menit ke-22 Jadon Sancho mengirim umpan cermat yang diselesaikan Haaland dengan mencungkil bola melewati kiper Yann Sommer menuju sudut jauh gawang.

Enam menit kemudian, Dortmund berbalik unggul lewat gol kedua Haaland yang tidak lepas dari kontribusi penting Sancho. Pemain tim nasional Inggris itu bekerja sama dengan Emre Can dan Jude Bellingham sebelum menyodorkan umpan untuk dengan mudah diselesaikan Haaland,

Akan tetapi, keunggulan Dortmund berusia lebih singkat lagi, hanya empat menit saja sebelum kemudian Elvedi mencetak gol keduanya dengan menyambar bola pantul hasil antisipasi tak sempurna kiper Roman Buerki atas eksekui tendangan bebas Lars Stindl.

Skor imbang 2-2 bertahan hingga turun minum dan empat menit memasuki babak kedua Gladbach kembali memimpin. Kali ini Bensebaini yang masuk daftar pencetak gol saat ia mengecoh Julian Brandy dan menggunakan kaki lemahnya untuk mengarahkan bola ke sudut gawang.

Kedua tim masih berupaya mengemas gol. Dortmund memasukkan Gio Reyna dan Gladbach memasukkan Breel Embolo dan Thuram. Bagi Thuram, itu merupakan penampilan pertamanya setelah menjalani skors lima pertandingan.

Thuram menandai laga kemablinya itu dengan menanduk bola tendangan sudut kiriman Neuhaus, untuk membawa Gladbach menang 4-2.

Baca juga: Ludahi lawan, Marcus Thuram dilarang tampil enam laga

Susunan pemain:

Borussia Moenchengladbach (4-4-2): Yann Sommer, Stefan Lainer, Matthias Ginter, Nico Elvedi, Ramy Bensebaini, Denis Zakaria (Patrick Herrmann84'), Christoph Kramer, Florian Neuhaus, Jonas Hofmann (Marcus Thuram 65'), Lars Stindl (Hannes Wolf 71'), Alasane Plea (Breel Embolo 71')
Pelatih: Marco Rose

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Buerki, Mateu Morey (Steffen Tigges 87'), Manuel Akanji, Mats Hummels, Raphael Guerreiro, Jude Bellingham (Youssoufa Moukoko 79'), Emre Can, Jadon Sancho, Marco Reus (Giovanni Reyna 70'), Julian Brandt, Erling Haaland
Pelatih: Edin Terzic

Baca juga: Jadwal Liga Jerman: Schalke akan jamu pemuncak klasemen Bayern Munich
Baca juga: Klasemen Liga Jerman: Bayern manfaatkan pesaingnya yang tergelincir

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar