Liga Italia

Torino terhindar dari kekalahan lawan Benevento berkat dwigol Zaza

Torino terhindar dari kekalahan lawan Benevento berkat dwigol Zaza

Ilustrasi pertandingan pekan ke-19 Liga Italia antara Benevento melawan Torino yang berlangsung Sabtu (23/1/2021) dini hari WIB. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Torino terhindar dari kekalahan melawan Benevento berkat dwigol yang disarangkan Simone Zaza ke gawang tuan rumah untuk membuat pertandingan berakhir imbang 2-2 di Stadion Ciro Vigorito, pada Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Eksekusi penalti Nicolas Viola membawa Benevento memimpin pada menit ke-32 yang digandakan oleh Gianluca Lapadula pada menit ke-49, tetapi Torino bangkit mengejar ketertinggalan melalui gol Zaza pada menit ke-51. Zaza mempersembahkan satu poin untuk daya juang Torino lewat golnya pada menit ketiga injury time demi membuat laga imbang, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Hasil imbang pada pertandingan pertama Torino di bawah asuhan pelatih baru Davide Nicola ini belum mengeluarkan mereka dari zona merah. Il Toro tetap menghuni posisi ke-18 dengan 14 poin, sedangkan Benevento tetap berada di posisi ke-11 dengan 22 poin.

Baca juga: Torino umumkan resmi merekrut Davide Nicola sebagai pelatih anyar

Benevento menggebrak sejak awal dan gawang Torino pun kemasukan pada menit kesembilan melalui gol Kamil Glik. Namun wasit tidak mengesahkan gol tersebut karena tangan pemain Polandia itu mengenai bola dalam proses serangan.

Kapten Benevento Viola kemudian menjadi pemain yang memecah kebuntuan melalui eksekusi penaltinya sebelum turun minum. Penalti itu diberikan wasit akibat kiper Salvatore Sirigu melanggar Lapadula di kotak terlarang.

Setelah menutup babak pertama dan membuka babak kedua dengan serangan-serangan berbahaya, Benevento menggandakan keunggulannya melalui gol Lapadula. Torino yang tidak mampu menyapu bola tendangan sudut dengan baik, membuat bola dapat dikuasai Lapadula yang memaksimalkannya dengan sepakan setengah voli, bola sempat terdefleksi Riccardo Rodriguez untuk mengejutkan Sirigu.

Namun kali ini Torino mampu segera membalas. Melalui umpan silang dari sisi kanan, Zaza menyambut bola dengan tandukannya yang tidak dapat diantisipasi kiper Lorenzo Montipo.

Baca juga: Torino gagal kalahkan Spezia yang tampil dengan sepuluh pemain
Baca juga: Benevento balikkan ketertinggalan untuk menang 2-1 di markas Cagliari


Wilfried Singo hampir menyamakan kedudukan melalui sepakan volinya, namun bola melebar. Montipo kemudian harus menggagalkan sepakan Andrea Belotti.

Zaza kembali mencetak gol pada menit ke-63, saat ia meneruskan umpan silang dari sisi kiri. Namun wasit kemudian menganulir gol tersebut setelah mendapati bahwa tangan Belotti sempat mengenai bola saat berduel dengan Glik, sebelum mengumpan kepada Zaza.

Belotti kemudian membobol gawang Benevento, namun kali ini tidak disahkan sebab ia telah berada dalam posisi offside saat meneruma umpan terobosan.

Upaya keras Torino untuk menyamakan kedudukan akhirnya berbuah hasil. Zaza sempat membuang peluang bagus dari sudut sempit, namun ia kemudian mampu mengejar umpan terobosan Belotti dan mengemas gol keduanya.

Susunan pemain:

Benevento (4-3-2-1): Lorenzo Montipo, Riccardo Improta, Alessandro Tuia, Kamil Glik, Federico Barba, Andres Tello, Artur Ionita (Bryan Dabo 84'), Perparim Hetemaj, Nicolas Viola, Gianluca Caprari, Gianluca Lapadula
Pelatih: Filippo Inzaghi

Torino (3-5-2): Salvatore Sirigu, Armando Izzo,Lyanco, Riccardo Rodriguez (Amer Gojak 84'), Wilfried Singo, Sasa Lukic, Tomas Rincon, Karol Linetty, Cristian Ansaldi, Simone Zaza, Andreas Belotti
Pelatih: Davide Nicole

Baca juga: AC Milan pinjam Fikayo Tomori dari Chelsea
Baca juga: Jadwal Liga Italia: Misi Atalanta jegal langkah Milan

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar