Artikel

Mengenal Amanda Gorman, kesulitan bicara sampai taklukan Capitol

Oleh Ida Nurcahyani

Mengenal Amanda Gorman, kesulitan bicara sampai taklukan Capitol

Amanda Gorman dalam inagurasi Joe Biden sebagai presiden AS ke-46 di Capitol, Washington, AS (20/1/2021) (REUTERS/BRENDAN MCDERMID)

Jakarta (ANTARA) - Penyair muda asal Amerika Serikat, Amanda Gorman, membacakan puisi karya dia "The Hill We Climb" dalam inagurasi Presiden AS Joe Biden di gedung Capitol, Washington DC pada Rabu (20/01).

Suaranya lantang dan jelas melantunkan puisi berima bait demi bait. "Meskipun demokrasi dapat ditunda secara berkala, demokrasi tidak pernah dapat disangkal secara permanen."

Prosa-nya memunculkan gambaran yang mengerikan dan penuh kemenangan, seperti yang dia katakan kepada orang Amerika yang menonton di rumah: "Bahkan saat kami berduka, kami tumbuh."

Ms Gorman mereferensikan segala sesuatu mulai dari kitab suci Alkitab sampai Hamilton, dan kadang-kadang menggemakan pidato John F Kennedy dan Rev Martin Luther King Jr.​​​​​​​

Siapa Amanda Gorman? Dia adalah gadis 22 tahun kelahiran Los Angeles yang di laman Instagramnya dia menulis dirinya adalah seorang "penyair, penulis dan pemimpi".

Dia jadi penyair termuda yang pernah tampil di inagurasi presiden AS.

Namun siapa menyangka saat anak-anak dia berjuang melawan kesulitan berbicara, namun kini dia bisa berbicara dengan kekuatan, kejelasan dan ketenangan di tangga Capitol AS.

Baca juga: Foo Fighters dedikasikan penampilan inagurasi Biden-Harris untuk guru

Baca juga: Lady Gaga nyanyikan lagu kebangsaan AS di pelantikan Biden-Harris


Dibesarkan oleh ibunya, seorang guru bernama Joan Wicks, dia memiliki dua saudara kandung, termasuk saudara kembar yang berprofesi sebagai aktivis.

Mantan kepala sekolahnya Luthern Williams mengatakan kepada Sky News bahwa Amanda ditakdirkan untuk menjadi hebat.

"Amanda sangat bersemangat, tapi yang indah dari Amanda adalah dia terdorong untuk mengubah dunia. Sulit untuk mengungkapkan dengan kata-kata betapa bangganya saya dengan apa yang mampu dia lakukan."

Dari sekolah di Santa Monica, dia lanjut ke Harvard dan belajar sosiologi.

Dia terinspirasi oleh studinya untuk menjadi delegasi pemuda untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 2013, setelah menonton pidato peraih Hadiah Nobel Pakistan Malala Yousafzai - dan setahun kemudian, terpilih sebagai penyair pemuda Los Angeles.

Pada 2017, ia dinobatkan sebagai Pemenang Penyair Pemuda Nasional AS, US National Youth Poet Laureate pertama.

Dia menjadi penyair pemuda pertama yang membuka musim sastra untuk Perpustakaan Kongres, dan dia telah membaca puisinya di MTV.

Di Perpustakaan Kongres itulah Gorman menarik perhatian Dr Jill Biden, yang memintanya untuk menulis puisi asli untuk upacara pelantikan suaminya.

Dia menulis satu bagian, kemudian setelah kerusuhan Capitol awal bulan ini, dia mengubahnya untuk memasukkan peristiwa tersebut karena signifikansi sosial dan politiknya yang besar.

Seni dan aktivisme Gorman berfokus pada masalah penindasan, feminisme, ras, dan marginalisasi, serta diaspora Afrika.

Dalam satu wawancara, dia menggambarkan bagaimana cara dia dididik "di persimpangan yang sangat aneh di Los Angeles, di mana rasanya seperti tudung hitam bertemu keanggunan hitam bertemu gentrifikasi putih bertemu budaya Latin bertemu lahan basah.

"Melintasi dunia-dunia ini, baik untuk pergi ke sekolah swasta di Malibu, atau kemudian pulang ke apartemen dua kamar tidur keluarga saya, memberi saya apresiasi terhadap budaya dan kenyataan yang berbeda, tetapi juga membuat saya merasa seperti orang luar."

Dia bergabung dengan barisan penyair pelantikan sebelumnya Robert Frost, Maya Angelou dan Elizabeth Alexander, dengan penampilannya yang luar biasa pada pelantikan hari Rabu.

Dia juga mengatakan bahwa dia bertekad ikut pencalonan presiden AS pada 2036.

Baca juga: Daftar musisi yang akan tampil di konser pelantikan Trump

Baca juga: Perbedaan konser inagurasi Trump vs Obama

Oleh Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Akhiri masa bakti, Terawan minta maaf dan dapat puisi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar