Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Malaysia bersinergi untuk meningkatkan keamanan khususnya di wilayah perbatasan.

Menurut dia, pengawasan di perbatasan negara harus diperketat, dan sinergitas perlu dilakukan Satgas Pamtas RI-Malaysia dari Yonif 642/Kapuas bersama Polisi dan CIQ (Custom, Immigration, Quarantine) Entikong dan Jagoi Babang.

"Daerah perbatasan memang daerah yang rentan. Dan upaya kerjasama kedua negara RI-Malaysia untuk meningkatkan pengawasan dan menjaga stabilitas di wilayah perbatasan harus terus di tingkatkan," kata LaNyalla dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Satgas Pamtas gagalkan penyelundupan 4 kg sabu-sabu asal Malaysia

Baca juga: Satgas Pamtas tingkatkan patroli perbatasan Indonesia-Malaysia


LaNyalla mengatakan, daerah perbatasan adalah bagian dari kedaulatan yang harus dijaga karena itu jika lengah maka pihak-pihak tidak bertanggung jawab bisa memanfaatkannya.

Karena itu dia menilai, dari daerah perbatasan, Indonesia harus menghalau segala ancaman yang datang dari luar dan ada sejumlah lokasi yang harus mendapat perhatian.

"Di wilayah perbatasan yang harus diawasi adalah jalur-jalur tikus atau jalur pelolosan karena jalur-jalur itu biasa dilalui pelintas batas, mereka bahkan melalui daerah hutan. Karena itu kita membutuhkan banyak pengawasan, patroli pun harus rutin dilakukan," ujarnya.

LaNyalla menilai wilayah perbatasan sangat rentan dengan berbagai permasalahan sosial, misalnya yang sering terjadi adalah penyelundupan narkoba dan juga selundupan orang karena tidak memiliki paspor serta visa sehingga sangat perlu menjadi perhatian kedua negara.

Menurut dia, wilayah perbatasan adalah bagian dari "wajah" Indonesia, karena orang yang pertama kali melintas daerah perbatasan akan mendapatkan kesan dari wilayah tersebut.

Karena itu dia menilai, pembenahan infrastruktur, SDM, dan tingkat keamanan perlu ditingkatkan karena harus berikan kesan Indonesia sebagai negara yang disiplin, aman, ramah, dan indah.

Baca juga: Ketua DPD RI ajak masyarakat lebih waspada di tengah kepungan bencana

Baca juga: Ketua DPD RI: Sistem kesehatan Indonesia harus diperbaiki


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021