Liga Italia

AS Roma susah payah amankan kemenangan 4-3 atas Spezia

AS Roma susah payah amankan kemenangan 4-3 atas Spezia

Pelatih AS Roma Paulo Fonseca (kedua dari kanan) merayakan kemenangan timnya atas Spezia pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (23/1/2021). (ANTARA/AFP/FILIPPO MONTEFORTE)

Jakarta (ANTARA) - AS Roma harus bersusah payah untuk mengamankan kemenangan 4-3 atas tamunya Spezia, pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu.

Penyerang Spanyol Borja Mayoral memecah kebuntuan dengan golnya untuk membawa Roma memimpin pada menit ke-17. Penyerang Spezia Roberto Piccoli kemudian mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-24.

Setelah turun minum Roma sempat unggul dua gol melalui gol Mayoral dan Rick Karsdorp pada menit ke-52 dan 55. Namun Diego Farias memperkecil ketertinggalan Spezia melalui golnya pada menit ke-59, dan pemain pengganti Daniele Verde menyamakan kedudukan berkat gol yang diukirnya pada menit ke-90. Lorenzo Pellegrini menjadi pahlawan Roma berkat golnya pada menit ke-93 untuk mengamankan kemenangan tuan rumah, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Tambahan tiga poin mendongkrak Giallorossi naik ke posisi ketiga dengan 37 poin, sedangkan Spezia tertahan di posisi ke-14 dengan 18 poin.

Bagi Roma, kemenangan ini sekaligus membalas dendam terhadap kekalahan 2-4 dari lawan yang sama di ajang Piala Italia beberapa hari yang lalu. Meski kalah 2-4, secara peraturan Roma takluk 0-3 setelah kedapatan melakukan terlalu banyak pergantian pemain.

Baca juga: Spezia singkirkan Roma dari Piala Italia lewat perpanjangan waktu
Baca juga: Roma dinyatakan kalah 0-3 dari Spezia karena kelalaian administratif

Setelah mengancam terlebih dahulu melalui pergerakan Leonardo Spinazzola, Roma membuka keunggulan melalui Mayoral. Gol itu diawali dari keberhasilan Pellegrini mematahkan perangkap offside untuk menerima bola panjang dari Spinazzola, untuk kemudian mengirimkannya dan diselesaikan dengan mudah oleh Mayoral.

Spezia tidak memerlukan waktu lama untuk menyamakan kedudukan. Farias melepaskan tembakan dari sudut sempit yang ditepis kiper Pau Lopez, bola pantul kemudian dengan sigap disambar oleh Picolli.

Mayoral melengkapi dwigol perdananya untuk merestorasi keunggulan Roma pada babak kedua. Ia memulai pergerakan di lini tengah, memainkan operan satu-dua dengan Jordan Veretout, dan menaklukkan kiper Spezia Ivan Provedel.

Baca juga: Gelandang muda Roma Zaniolo positif terinfeksi COVID-19

Keunggulan Roma kembali bertambah. Spinazzola bergerak cepat di sisi kiri dan mengirimkan umpan tarik sempurna kepada Karsdorp, yang sepakannya sempat diadang Riccardo Marchizza meski tetap masuk ke gawangnya.

Spezia yang tersengat lantas berusaha secepatnya bangkit. Mereka lantas memperkecil ketertinggalan saat Farias memaksimalkan kecepatannya untuk melewati para pemain bertahan Roma, dan melepaskan sepakan tanpa dapat dihentikan kiper Lopez.

Baca juga: Torino gagal kalahkan Spezia yang tampil dengan sepuluh pemain

Tim tamu bahkan sempat mengemas gol penyama kedudukan dari mantan pemain Roma. Verde memanfaatkan kesalahan yang dilakukan Chris Smalling, dan melesakkan sepakan masuk ke gawang Roma. Verde tidak merayakan gol tersebut.

Namun kali ini Roma mampu mencetak gol penentu kemenangan. Spinazzola melesak di sisi kiri, bola kirimannya diterima oleh Bruno Peres yang meneruskannya untuk disambar Pellegrini menjadi gol.

Baca juga: Jadwal Liga Italia: Misi Atalanta jegal langkah Milan
Baca juga: IFFHS tunjuk Liga Italia sebagai liga terbaik di dunia untuk 2020


Susunan pemain:

AS Roma (3-4-2-1): Pau Lopez, Roger Ibanez, Chris Smalling, Marash Kumbulla, Rick Karsdorp (Bruno Peres 81'), Gonzalo Villar (Bryan Cristanta 67'), Jordan Veretout, Leonardo Spinazzola, Lorenzo Pellegrini, Carles Perez (Amadou Diawara 89'), Borja Mayoral
Pelatih: Paulo Fonseca

Spezia (4-3-3): Ivan Provedel, Cristian Dell'Orco (Simone Bastoni 58'), Claudio Terzi, Julian Chabot (Martin Erlic 80'), Riccardo Marchizza, Nahuel Estevez, Lucien Agoume, Giulio Maggiore (Gennaro Acampora 58'), Emmanuel Gyasi (Daniele Verde 80'), Roberto Piccoli (Andrey Galabinov 33'), Diego Farias
Pelatih: Vincenzo Italiano

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar