Kemarin, keringanan tagihan listrik hingga distribusi vaksin COVID-19

Kemarin, keringanan tagihan listrik hingga distribusi vaksin COVID-19

Petugas kesehatan memeriksa vaksin COVID-19 Sinovac yang tiba di gudang vaksin (cold room) Balai Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu di Bengkulu, Rabu (13/1/2021). Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu mendistribusikan vaksin pada tahap pertama sebanyak 13.240 dosis ke tiga daerah yaitu Kota Bengkulu 9040 dosis, Kabupaten Seluma 2440 dosis dan Kabupaten Bengkulu Tengah 1760 dosis. ANTARA FOTO/David Muharmansyah/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Jumat (23/1) mulai dari pemberian stimulus ketenagalistrikan berupa diskon tarif tenaga listrik diperpanjang hingga 4 juta dosis vaksin COVID-19 siap didistribusikan pada Februari 2021.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Stimulus keringanan tagihan listrik

Pemerintah memperpanjang pemberian stimulus ketenagalistrikan berupa diskon tarif tenaga listrik dan pembebasan ketentuan rekening minimum dan biaya beban atau abonemen hingga Maret 2021.

"Kami menyampaikan apresiasi terhadap PT PLN yang telah mendukung langkah-langkah pemerintah memberikan keringanan bagi masyarakat,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Munir Ahmad.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Bank Dunia setujui pinjaman 500 juta dolar AS

Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia menyetujui pemberian pinjaman senilai 500 juta dolar AS atau sekitar Rp7 triliun untuk memperkuat ketahanan fiskal Indonesia dalam menghadapi bencana alam, risiko iklim dan guncangan kesehatan.

"Dukungan ini akan membantu pemerintah menjalankan respon secara lebih tepat sasaran dan tepat waktu, mengurangi dampak bencana dan menjaga kemajuan pembangunan yang telah dicapai," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Tiga kawasan konservasi di Kalimantan

Kementerian Kelautan dan Perikanan mendorong penetapan sebanyak tiga kawasan konservasi yang terletak di berbagai lokasi di Pulau Kalimantan dalam rangka memantapkan penyelenggaraan konservasi di daerah tersebut.

"Kawasan Konservasi Kota Bontang (Kalimantan Timur), Kawasan Konservasi Tanjung Cantik dan Pulau Sinelak (Kalimantan Utara), dan Kawasan Konservasi Tanah Kuning-Mangkupadi (Kalimantan Utara) akan kami dorong untuk ditetapkan oleh menteri," kata Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BSPL) Pontianak Getreda M. Hehanussa.

Berita selengkapnya klik di sini

4. DPR ingin LPEI bangkitkan UMKM berorientasi ekspor

Ketua Badan Anggaran DPR RI MH. Said Abdullah mengatakan kebijakan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) harus dapat betul-betul membangkitkan UMKM yang berorientasi ekspor.

"LPEI perlu terus menjaga kinerja sekaligus secara terus menerus mendampingi, memberi pelatihan, juga memberikan berbagai kemudahan kepada sektor UMKM agar mampu melakukan ekspor," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Distribusi 4 juta dosis vaksin Covid-19

PT Bio Farma (Persero) menyebutkan sebanyak 4 juta dosis vaksin covid-19 sudah selesai diproduksi dan siap didistribusikan pada Februari 2021.

"Sampai dengan Kamis (21/1) sudah ada 4 juta dosis yang sudah selesai diproduksi,” kata Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tinjau vaksinasi di Yogyakarta, Presiden berharap ekonomi segera pulih

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar