Jakarta (ANTARA) - Hoffenheim menang mudah 3-0 atas tamunya Cologne pada pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di Prezero Arena, Sinsheim, Minggu setempat atau Senin dini hari wIB.

Andrej Kramaric mengeksekusi penalti yang berbuah gol pertama Hoffenheim pada menit ketujuh, sebelum gol Cristoph Baumgartner pada menit ke-28 menggandakan keunggulan tuan rumah.

Kramaric kemudian kembali sukses melakoni tugasnya sebagai algojo penalti pada menit ke-75 untuk mengunci kemenangan timnya, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Bagi Kramaric, ukiran dua golnya tersebut semakin bermakna karena menambah koleksinya menjadi 74 gol di Liga Jerman untuk membawa dirinya menjadi pemain asal Kroasia yang mencetak gol terbanyak di Liga Jerman melampaui ukiran rekor pendahulunya Ivica Olic.

Raihan tiga poin tidak mengubah posisi Hoffenheim di klasemen yang tetap menghuni posisi ke-11 dengan 22 poin. Demikian pula Cologne yang tetap berada di posisi ke-16 dengan 15 poin.

Baca juga: Bayern unggul tujuh poin seelah lucuti Schalke empat gol tanpa balas

Hoffenheim mengawali pertandingan dengan baik. Tembakan Ihlas Bebou di kotak penalti Cologne mengenai tangan Sava Cestic, untuk membuat wasit menunjuk titik putih.

Eksekusi penalti diambil dengan sempurna oleh Kramaric melalui sepakan ala Panenka.

Peluang berikutnya kembali dimiliki Hoffenheim saat Kramaric memaksa kiper Timo Horn melakukan penyelamatan terhadap sepakannya dari tepi kotak penalti.

Gol kedua Hoffenheim kemudian lahir saat Baumgartner membelokkan bola sepakan voli Mijat Gacinovic dari situasi tendangan sudut untuk melesak masuk ke gawang.

Pelatih Cologne Markus Gisdol merespon gempuran tim lawan dengan memasukkan Jorge Mere dan Jan Thielmann.

Perubahan itu sedikit membawa hasil ketika Marius Wolf melepaskan sepakan untuk memaksa kiper Oliver Baumann melakukan penyelamatan, dan sepakan berikutnya dari tendangan sudut membentur tiang gawang.

Baca juga: Werder Bremen hancurkan tuan rumah Hertha Berlin 4-1

Kramaric hampir mengemas gol keduanya setelah turun minum, melalui tendangan bebasnya yang masih melambung di atas mistar gawang.

Sebastian Rudy kemudian mengirim umpan bagus kepada penyerang Kroasia tersebut, namun meski dapat melewati kiper Horn, Kramaric tidak dapat menguasainya dengan maksimal akibat ditekan oleh bek Jannes Horn.

Cologne memperlihatkan kegigihan luar biasa menjelang akhir permainan.

Sayangnya justru Hoffenheim yang mampu memperbesar keunggulan, lagi-lagi melalui eksekusi penalti Kramaric menyusul pelanggaran Anthony Modeste terhadap Baumgartner.

Tim tamu juga mendapat hadiah penalti saat Stefan Posch dinyatakan melanggar Wolf di kotak terlarang. Namun eksekusi penalti Modeste dapat digagalkan kiper Baumann.

Pada pertandingan putaran berikutnya yang dimainkan Sabtu (30/1) mendatang, Hoffenheim akan melawat ke markas pemuncak klasemen Bayern Munich, sedangkan pada Minggu (31/1) Cologne akan kedatangan tim yang berada satu posisi di atas mereka, Arminia Bielefeld.

Susunan pemain:

Hoffenheim (3-5-2): Oliver Baumann, Kasim Adams, Haavard Nordveit, Stefan Posch, Mijat Gacinovic (Pavel Kaderabek 75'), Diadie Samassekou (Melayro Bogarde 88'), Cristoph Baumgartner, Sebastian Rudy, Marco John, Ihlas Bebou (Sargis Adamyan 75'), Andrej Kramaric (Munas Dabbur 82')
Pelatih: Sebastian Hoeness

Cologne (3-5-2): Timo Horn, Sava Cestic (Jorge Mere 30'), Sebastiaan Bornauw, Jannes-Kilian Horn, Noah Katterbach (Ismail Jakobs 61'), Kingsley Ehizibue (Jan Thielmann 30'), Jonas Hector (Elvis Rexhbecaj 66'), Ellyes Skhiri, Dominick Drexler, Marius Wolf, Ondrej Duda (Anthony Modeste 61')
Pelatih: Markus Gisdol

Baca juga: Leipzig dan Leverkusen kompak tergelincir pada putaran ke-18
Baca juga: Real Madrid pulangkan Luka Jovic ke Frankfurt dengan status pinjaman

 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021