Saham Australia dibuka lebih tinggi dengan keuntungan meluas

Saham Australia dibuka lebih tinggi dengan keuntungan meluas

Ilustrasi - Sejumlah pegawai sedang memperhatikan monitor bursa saham Australia (ASX). ANTARA/REUTERS/David Gray/am.

Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia menguat pada pembukaan perdagangan Senin pagi, dengan sebagian besar sektor cenderung lebih tinggi untuk mengimbangi tekanan sektor energi.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 21,70 poin atau 0,32 persen menjadi 6.822,10 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 22,50 poin atau 0,32 persen menjadi 7.101,40 poin.

Saham-saham teknologi memimpin kenaikan didukung rekan-rekan mereka di AS yang berkontribusi pada rekor kenaikan minggu lalu, sementara saham konsumen lokal juga menguat.

Sebagian besar sektor lain termasuk bank dan penambang membukukan kenaikan yang lebih moderat, namun saham energi merosot setelah menyelesaikan pekan sebelumnya dengan kerugian bersih, salah satu dari hanya dua sektor yang jatuh.


Baca juga: Dalam sepekan, pasar saham Australia naik 1,27 persen

Sesaat sebelum pasar dibuka, Australia menyetujui vaksin Pfizer COVID-19 untuk penggunaan publik, membuka jalan bagi peluncuran vaksinasi negara tersebut untuk dimulai mulai bulan depan.

Di bidang keuangan, bank-bank besar menguat dengan Commonwealth Bank naik 0,20 persen, ANZ naik 0,24 persen, National Australia Bank naik 0,37 persen dan Westpac Bank naik 0,41 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar lebih tinggi dengan Rio Tinto naik 0,76 persen, Fortescue Metals naik 2,71 persen dan BHP naik 1,19 persen, namun penambang emas Newcrest turun 0,57 persen.


Baca juga: Bursa Australia dibuka melemah, terseret kerugian sektor energi

Produsen-produsen minyak dan gas merosot dengan Oil Search turun 0,69 persen, Santos turun 0,42 persen, dan Woodside Petroleum turun 0,68 persen.

Supermarket terbesar Australia juga menguat dengan Coles naik 1,02 persen dan Woolworths naik 0,98 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra menguat 0,16 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas melemah 0,62 persen dan perusahaan biomedis CSL terangkat 0,15 persen.


Baca juga: Saham Australia sentuh level tertinggi baru dalam 11 bulan

Baca juga: Saham Aussie dibuka lebih tinggi dengan keuntungan meluas

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar