ada satu berita negatif COVID-19 setelah yang lain pada Jumat (22/1/2021) dan yang pada akhirnya tidak dapat diabaikan oleh investor ekuitas.
Sydney (ANTARA) - Saham-saham Asia berada dalam posisi defensif pada perdagangan Senin, karena meningkatnya kasus COVID-19 dan keraguan atas kemampuan pembuat vaksin untuk memasok dosis yang dijanjikan tepat waktu memperburuk selera risiko.

Indeks MSCI untuk saham Asia Pasifik di luar Jepang hampir tidak berubah pada 718,72. Indeks acuan berada di bawah rekor tertinggi 727,31 yang disentuh minggu lalu, tetapi sejauh Januari ini naik 8,5 persen di jalur untuk kenaikan bulanan keempat berturut-turut.

Indeks acuan Nikkei Jepang turun 0,1 persen..

Baca juga: Pasar Asia mundur dari rekor tertinggi karena aksi ambil untung

Saham-saham Australia lebih tinggi setelah regulator obat negara itu menyetujui vaksin Pfizer/BioNTech COVID-19 dengan pihak berwenang mengatakan peluncuran bertahap akan dimulai akhir bulan depan.

Kasus COVID-19 global mendekati 100 juta dengan lebih dari dua juta orang meninggal, meskipun pasar keuangan meningkat dengan harapan vaksin dan kebangkitan ekonomi yang cepat.

Namun, "ada satu berita negatif COVID-19 setelah yang lain pada Jumat (22/1/2021) dan yang pada akhirnya tidak dapat diabaikan oleh investor ekuitas," kata Ray Attrill, kepala strategi valas di National Australia Bank.

Baca juga: Saham Korsel dibuka lebih tinggi, indeks KOSPI terangkat 0,51 persen

Hong Kong mengunci area di semenanjung Kowloon pada Sabtu (23/1/2021), tindakan pertama yang diambil kota itu sejak pandemi dimulai sementara beberapa negara termasuk Meksiko mencatat jumlah kasus harian tertinggi mereka.

Laporan bahwa varian COVID Inggris yang baru tidak hanya sangat menular tetapi mungkin lebih mematikan daripada jenis aslinya juga menambah kekhawatiran.

Di Uni Eropa, para pemimpin politik menyatakan kekecewaan yang meluas atas penundaan yang dilakukan oleh AstraZeneca dan Pfizer Inc dalam memberikan dosis yang dijanjikan, dengan perdana menteri Italia mengecam pemasok vaksin, mengatakan penundaan merupakan pelanggaran serius terhadap kewajiban kontrak.

Baca juga: Saham Tokyo dibuka beragam, di tengah penurunan saham AS, harapan laba

Pfizer, pekan lalu, mengatakan untuk sementara waktu memperlambat pasokan ke Eropa untuk membuat perubahan manufaktur yang akan meningkatkan produksi. Pada Jumat (22/1/2021), AstraZeneca mengatakan bahwa pengiriman awal ke wilayah tersebut akan gagal karena kesalahan produksi.

Investor memang melihat beberapa harapan di Amerika Serikat setelah anggota parlemen sepakat pada Minggu (24/1/2021) bahwa prioritas paling penting harus memproduksi dan mendistribusikan vaksin secara efisien.

Partai Demokrat dan Republik sedang membahas bantuan virus corona AS senilai 1,9 triliun dolar AS.

Pasar-pasar keuangan telah mengincar stimulus ekonomi AS yang masif meskipun ketidaksepakatan berarti berbulan-bulan keragu-raguan di negara yang menderita lebih dari 175.000 kasus COVID-19 per hari dengan jutaan orang kehilangan pekerjaan.

Baca juga: Pasokan vaksin COVID-19 tertunda, Italia akan ambil langkah hukum

Pada Jumat (22/1/2021), Dow turun 0,57 persen, S&P 500 kehilangan 0,30 persen dan Komposit Nasdaq bertambah 0,09%. Tiga indeks utama AS ditutup lebih tinggi untuk minggu lalu, dengan Nasdaq melonjak lebih dari 4,0 persen.

Analis Jefferies mengatakan pasar saham AS tampak dinilai terlalu tinggi meskipun masih tetap bullish.

"Agar pasar saham benar-benar melepaskan hal sangat buruk, bukan hanya koreksi pasar yang naik, perlu ada katalisator," kata analis Christopher Wood.

"Itu berarti penurunan ekonomi atau pengetatan material dalam kebijakan-kebijakan Fed," kata Wood, menambahkan tidak ada yang mungkin terjadi dengan tergesa-gesa.

Dalam mata uang, pasangan mata uang utama terjebak dalam kisaran sempit karena pasar menunggu pertemuan Federal Reserve AS pada Rabu (27/1/2021).

Indeks dolar datar di 90,21, dengan euro di 1,2169 dolar, sementara sterling diperdagangkan terakhir pada 1,3683 dolar. Sementara, yen Jepang tidak berubah pada 103,77 per dolar.

Sentimen risiko yang memburuk membuat imbal hasil obligasi AS bergerak lebih rendah pada Jumat (22/1/2021) menjelang beberapa lelang obligasi berukuran rekor dan pertemuan Fed.

Dalam komoditas, harga minyak turun dengan Brent melemah tujuh sen menjadi 55,34 dolar AS per barel dan minyak mentah AS turun lima sen menjadi 52,22 dolar AS per barel.

Emas lebih tinggi dengan harga spot naik 0,2 persen pada 1.855,9 dolar AS per ounce.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021