Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti optimistis objek wisata Saung Angklung Mang Udjo di Bandung masih bisa bertahan di tengah pandemi.

"Saya yakin objek wisata Saung Angklung Mang Udjo masih bisa bertahan. Namun memang harus ada inovasi, misalnya dibuka secara virtual dengan mengadakan pertunjukan atau atraksi angklung melalui daring dan berbayar untuk menekan ancaman kebangkrutan," ujar LaNyalla dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Menurut dia, agar bertahan Saung Angklung harus dapat berinovasi dan kreatif. Selain itu, destinasi ini juga memerlukan bantuan dari pihak-pihak terkait.

LaNyalla mengatakan mau tidak mau Saung Angklung dan destinasi-destinasi wisata lainnya harus mengikuti perkembangan zaman. Apalagi, saat ini dunia sudah memasuki era digital.

"Apalagi sekarang zamannya internet, mungkin hal ini dapat dicoba dengan bekerja sama dengan dinas pariwisata atau juga perusahaan IT (informasi teknologi) untuk membuat program siaran permainan angklung melalui virtual," katanya.

Dampak dari pandemi Covid-19 sangat dirasakan sektor pariwisata. Termasuk juga destinasi wisata Saung Angklung Mang Udjo yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat. Bukan hanya harus memecat karyawan, Saung Angklung Mang Udjo juga terancam bangkrut.

Maka itu, lanjut LaNyalla, Saung Angklung Mang Udjo harus didukung karena memiliki nilai edukasi dan menjaga kelestarian seni dan budaya Sunda.

"Saung Angklung Mang Udjo merupakan objek wisata yang sangat khas Sunda. Wisata ini merupakan wisata budaya Sunda yang sarat dengan aspek kearifan lokal dengan pengunjung anak sekolah dan wisman mancanegara serta dengan jumlah yang relatif sangat tinggi hingga 2000-an per hari," tuturnya.

Tingkat penyebaran covid-19 di Bandung yang tinggi telah membuat jumlah pengunjung Saung Angklung Mang Udjo.

"Kondisi yang sangat memprihatinkan buat kita. Karena memang pandemi ini bukan hanya menyerang Saung Mang Udjo. Hampir semua destinasi wisata merasakan dampaknya," ujarnya.

Yang lebih membuat LaNyalla prihatin, Saung Angklung Mang Udjo sudah merumahkan hampir 90 persen karyawan dan terancam bangkrut.

Baca juga: Saung Angklung Mang Udjo bawakan lagu ABBA
Baca juga: Ketua DPD LaNyalla dapat gelar Akang dari Kongres Sunda

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021