Kemarin, potensi wakaf hingga penjualan ORI-019

Kemarin, potensi wakaf hingga penjualan ORI-019

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang dan Peresmian Brand Ekonomi Syariah di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (25/1/2021). ANTARA/HO-Kemenkeu/pri.

Di negara kita, potensi aset wakaf per tahun mencapai Rp2.000 triliun
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Senin (25/1), mulai dari potensi wakaf berbentuk uang yang dapat mencapai Rp188 triliun hingga penjualan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI-019 yang hasilnya akan digunakan untuk memenuhi target pembiayaan APBN 2021 termasuk program vaksinasi COVID-19 gratis.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:
 

1. Presiden Jokowi : Potensi wakaf uang bisa tembus Rp188 triliun

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan potensi wakaf di Indonesia sangat besar, termasuk untuk wakaf berbentuk uang yang dapat mencapai Rp188 triliun.

“Di negara kita, potensi aset wakaf per tahun mencapai Rp2.000 triliun dan potensi wakaf uang bisa menembus angka Rp188 triliun,” kata Presiden Jokowi dalam Peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang dan Peresmian Brand Ekonomi Syariah Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin.

 

2. BEI implementasikan klasifikasi industri baru IDX-IC

Bursa Efek Indonesia (BEI) mengimplementasikan klasifikasi industri baru yaitu IDX Industrial Classification (IDX-IC) menggantikan Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA) yang telah digunakan sejak 1996.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono W Widodo mengatakan implementasi IDX-IC diharapkan membawa manfaat bagi perusahaan tercatat dalam melakukan perbandingan performa dengan perusahaan lain yang semakin homogen.

 

3. Sri Mulyani ungkap urgensi pembentukan LPI

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan beberapa faktor yang melatarbelakangi pembentukan Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Indonesia Investment Authority (INA).

“Untuk menciptakan berbagai instrumen inovatif dan institusi yang bisa meningkatkan kemampuan pembiayaan pembangunan maka kita butuh dana,” katanya dalam Raker bersama Komisi XI DPR RI di Jakarta, Senin.

 

4. Lampaui target, realisasi investasi 2020 capai Rp826,3 triliun

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi sepanjang 2020 mencapai Rp826,3 triliun, melampaui target yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp817,2 triliun.

"Realisasi investasi kita Rp826,3 triliun dari target Rp817,2 triliun, artinya ada kenaikan Rp9 triliun dari target," kata Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam konferensi pers virtual, Senin.

 

5. Pemerintah mulai tawarkan ORI-019 untuk biayai APBN dan vaksinasi

Pemerintah mulai menawarkan penjualan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI-019 kepada masyarakat yang hasilnya akan digunakan untuk memenuhi target pembiayaan APBN 2021 termasuk membiayai penanganan pandemi COVID-19, salah satunya program vaksinasi gratis.

“Saya mengajak masyarakat Indonesia berpartisipasi dalam penerbitan ORI-019 sebagai salah satu upaya bersama pulihkan negeri, bangkitkan investasi,” kata Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan Luky Alfirman pada peluncuran virtual ORI-019 di Jakarta, Senin.

 

Baca juga: Kemenkeu: Investor milenial jadi modal kurangi pembiayaan luar negeri
Baca juga: Presiden ingin pemanfaatan dana wakaf diperluas
Baca juga: Bahlil: Investasi mulai merata ke luar Jawa, ini buktinya


Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Danai APBN & vaksinasi, Kemenkeu tawarkan ORI seri 019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar