Tidak hanya sekadar dijalankan namun bagaimana kegiatan yang ada betul-betul bisa dirasakan masyarakat
Purbalingga (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, pada tahun anggaran 2021 akan memfokuskan program dan kegiatan pada upaya pemulihan ekonomi melalui pengembangan sumber daya lokal.

"Pandemi COVID-19 telah berdampak pada menurunnya kegiatan perekonomian masyarakat. Untuk memulihkan kondisi tersebut, maka pembangunan tahun anggaran 2021 akan diprioritaskan pada beberapa kegiatan untuk pemulihan ekonomi," kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi di Purbalingga, Selasa.

Dia mengatakan program dimaksud antara lain pengembangan sumber daya lokal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Kedua, pemenuhan kebutuhan dasar secara berkelanjutan. Ketiga, mewujudkan sumber daya manusia yang berdaya saing.

Keempat, pembangunan infrastruktur untuk mendorong pemulihan ekonomi. Kelima, peningkatan kualitas pelayanan publik.

Bupati menambahkan bahwa pada saat ini dokumen pelaksanaan anggaran satuan kerja perangkat daerah tahun anggaran 2021 telah diserahkan kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Menurut dia, hal tersebut merupakan tindak lanjut dari telah ditetapkannya APBD Kabupaten Purbalingga untuk tahun 2021.

"Hal ini menjadi hal yang penting dan strategis, sebagai langkah awal dimulainya pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Purbalingga," katanya.

Bupati juga mengingatkan seluruh program dan kegiatan yang dipersiapkan harus dapat dirasakan oleh masyarakat.

"Tidak hanya sekadar dijalankan namun bagaimana kegiatan yang ada betul-betul bisa dirasakan masyarakat, terlebih di masa pandemi COVID-19," katanya.

Bupati juga mengatakan di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi saat ini, upaya penanganan wabah perlu dilakukan beriringan dengan upaya pemulihan ekonomi.

"Karena itu upaya pemulihan ekonomi yang terdampak COVID-19 akan menjadi program prioritas pada tahun 2021 ini," katanya.

Bupati juga mengharapkan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Wirasaba, Purbalingga, dapat segera beroperasi dalam waktu dekat.

"Dengan demikian kemanfaatannya dapat dirasakan dalam mendorong aktivitas sosial dan ekonomi di wilayah Kabupaten Purbalingga dan sekitarnya," katanya.

Baca juga: Bandara Soedirman Purbalingga diharapkan beroperasi Lebaran tahun ini
Baca juga: Bupati Purbalingga: Perkuat penerapan prokes di semua lini

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021