Pandemi, anggota DPR minta anggaran pertanian jangan dipangkas

Pandemi, anggota DPR minta anggaran pertanian jangan dipangkas

Petani mencangkul di sawah dengan latar belakang Gunung Raung dan Gunung Suket, terlihat dari Desa Pakisan, Tlogosari, Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (24/1/2021) . ANTARA FOTO/Seno/hp.

Pemotongan tersebut akan berdampak luas pada pembangunan sektor pertanian, target stok pangan nasional, swasembada pangan dan nilai tukar petani
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi IV DPR Hermanto mengatakan refocusing dan realokasi anggaran pada masa pandemi COVID-19 tidak harus dengan melakukan pemotongan anggaran pada sektor pertanian.

"Pemotongan tersebut akan berdampak luas pada pembangunan sektor pertanian, target stok pangan nasional, swasembada pangan dan nilai tukar petani," kata Hermanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Apalagi, ia mengingatkan bahwa saat ini ada kenaikan harga sejumlah bahan pangan sehingga dinilai tidak tepat bila dilakukan pemotongan anggaran sektor pertanian.

Hermanto mendesak pemerintah agar membuat strategi alternatif mencari sumber dana untuk mengatasi keterbatasan anggaran.

"Sumber dana alternatif itu misalnya berasal dari dana yang mengendap di Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan di Badan Layanan Umum (BLU) atau dana lain yang tidak bertentangan dengan peraturan dan perundangan," ujarnya.

Pembangunan sektor pertanian, menurut dia, sangat strategis untuk mewujudkan ketahanan pangan dan kedaulatan pangan serta meminimalkan importasi pangan.

Bahkan seharusnya, ia meminta agar anggaran sektor pertanian ditambah sebagai upaya untuk memperkuat imunitas masyarakat menghadapi pandemi COVID-19.

Baca juga: Kementan sebut kenaikan HET pupuk akibat penurunan anggaran 2021
Baca juga: APBN dipotong, Mentan sebut KUR picu kinerja ekspor tetap tumbuh
Baca juga: DPR setujui pagu anggaran Kementan Rp21,83 triliun untuk 2021

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemulihan sektor pertanian Kalsel pasca banjir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar