Alfamart salurkan program donasi konsumen di sejumlah kota di Jatim

Alfamart salurkan program donasi konsumen di sejumlah kota di Jatim

Wakil Kepala Cabang PT Sumber Alfaria Trijaya Malang, Daduk Budi Susilo (kiri) dan Kepala DPMPTSP Tulungagung Mardjadji (ketiga kiri) menyalurkan bantuan sembako secara simbolis ke warga dhuafa terdampak pandemi COVId-19 di Ngantru, Tulungagung, Selasa (26/1/2021). ANTARA/Destyan Sujarwoko.

Secara nasional, per bulan rata-rata dana donasi konsumen Alfamart yang terkumpul berkisar antara Rp1 miliar hingga Rp1,5 miliar.
Tulungagung, Jatim (ANTARA) - Alfamart secara khusus menyalurkan ratusan paket sembako program donasi konsumen di sejumlah kota di Jawa Timur, termasuk Tulungagung, untuk membantu warga kurang mampu yang terdampak langsung pandemi COVID-19.

Terakhir bantuan sembako diberikan kepada 100 warga dhuafa di lingkungan Desa Ngujang dan Boro, Kecamatan Ngantru, dengan difasilitasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tulungagung, Selasa.

Wakil Kepala Cabang PT Sumber Alfaria Trijaya Malang, Daduk Budi Susilo menjelaskan selain di Tulungagung, ratusan paket sembako juga didistribusikan ke sejumlah kota/kabupaten yang ada di wilayah kerjanya, seperti di Trenggalek (250 paket), Malang (400 paket), dan beberapa kota lain.

"Ini bukan CSR (Corporate Social Responsibility) ya. Tapi murni bantuan dari program donasi konsumen yang terkumpul selama periode akhir tahun 2020, lalu," kata Daduk menjelaskan.

PT. Sumber Alfaria Trijaya yang menaungi Alfamart tidak menyalurkan langsung bantuan yang diambil dari program donasi konsumen itu. Mereka melibatkan pihak ketiga, dalam hal ini Yayasan BM Cinta Indonesia untuk mendistribusikan bantuan yang pengadaannya menggunakan uang kembalian belanja konsumen yang didonasikan untuk kegiatan sosial yang dikelola manajemen alfamart (PT Sumber Alfaria Trijaya) di seluruh indonesia.

"Secara nasional, per bulan rata-rata dana donasi konsumen yang terkumpul berkisar antara Rp1 miliar hingga Rp1,5 miliar. Dana donasi yang terkumpul dari uang kembalian konsumen inilah yang kami salurkan bersama pihak ketiga yang kami tunjuk," imbuh Daduk.

Pihak ketiga lain selain BM Cinta Indonesia yang digandeng Alfamart atau PT Sumber Alfaria Trijaya adalah Yayasan Laziz NU, Laziz Muhammadyah, dan Mizan Amanah.

Bentuk bantuan tidak melulu dalam bentuk sembako. Dalam setiap kegiatan sosial yang pernah disalurkan ke berbagai daerah bersama pihak ketiga, bantuan bisa dalam bentuk perlengkapan sekolah, seragam sekolah, sarana ibadah, renovasi masjid hingga sarana kesehatan seperti ambulans dan perlengkapan APD (alat pelindung diri) bagi tenaga kesehatan untuk penanganan pasien-pasien COVID-19.

"Sebagian dana donasi konsumen juga kami salurkan untuk membangun rumah-rumah singgah kanker, bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia," ujar Regional Corporate Comunicaton Manager PT Sumber Alfaria Trijaya, Mochammad Alfaruq menambahkan.

Kepala Dinas DPMPTSP Tulungagung Mardjadji yang ikut menyaksikan penyaluran bantuan sembako mengapresiasi kegiatan sosial yang dilakukan PT Sumber Alfaria Trijaya, selaku induk perusahaan dari toko modern berjejaring yang juga tersebar di berbagai wilayah di Tulungagung.

"Bantuan ini penting dan menjadi bukti bahwa dana donasi konsumen yang disalurkan melalui kasir-kasir alfamart selama ini memang disalurkan untuk kepentingan sosial," kata Mardjadji.
 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar