Menjajal Watch S Pro, arloji pintar "high-end" pertama Realme

Oleh Arindra Meodia

Menjajal Watch S Pro, arloji pintar "high-end" pertama Realme

Realme Watch S Pro. ANTARA/Arindra Meodia.

Jakarta (ANTARA) -
Fokus pada AIoT, Realme menghadirkan jam tangan pintar high-end pertamanya Watch S Pro ke Indonesia, Selasa (26/1), sekaligus menjadi perangkat pertama Realme yang diluncurkan pada 2021.

Dibanderol dengan harga Rp1,899 juta, Watch S Pro membawa sejumlah fitur premium yang ditawarkan sebuah smartwatch, dan tentunya menjadi peningkatan dari pendahulunya, Watch S.
(Video unboxing dan hands-on Realme Watch S Pro. ANTARA/Arindra Meodia)

Desain
Realme Watch S Pro tampak premium dengan AMOLED display dan stainless steel yang diusung. Arloji pintar tersebut mengadopsi layar sentuh seluas 1,39 inci dengan resplusi 454x454 piksel (326 PPI).

Kecerahan layar juga dapat menyesuaikan dengan lingkungan sekitar. Hal ini berkat sensor cahaya, yang membuat smartwatch tetap jelas di bawah sinar matahari -- dengan tingkat kecerahan mencapai 450 nits pada level tertinggi -- dan tetap ramah untuk mata saat digunakan dalam kondisi minim cahaya.

Berkat AMOLED pula, Watch S Pro punya fitur always-on-display yang tetap dapat menampilkan waktu tanpa harus menyalakan jam tangan. Meski begitu, tetap menghemat daya baterai dengan skema AOD cerdas sehingga dapat memilih untuk menyalakan atau mematikan fungsi AOD.

Frame bulat dipadukan dengan bahan premium stainless steel menambah efek premium pada permukaan bagian depan. Terlebih, permukaan layar Watch S Pro telah dilindungi 2,5D Corning Gorilla Glass 3.

Baca juga: Realme 7 Pro, ponsel menengah rasa "flagship"
Realme Watch S Pro (ANTARA/Arindra Meodia)


Dengan dimensi 257,6x46x11,1mm dan tali strap yang dapat dilepas berukuran lebar 22mm, Watch S Pro terbilang miliki ukuran cukup besar untuk pergelangan tangan perempuan. Bobot 63,5 gram juga terasa berat, namun tetap terasa nyaman saat digunakan berkat tali jam yang terbuat dari silikon likuid.

Realme Watch S Pro memiliki dua tombol yang berada di bagian kanan arloji. Tombol bagian atas berfungsi untuk mengaktifkan perangkat, sementara tombol bawah merupakan "shortcut" untuk fungsi asisten kesehatan dengan 15 macam jenis workout.

Sementara itu, terdapat sensor PPG yang memancarkan sinar hijau untuk memantau denyut jantung yang ditempatkan pada bagian belakang. Kembali pada bagian depan, Watch S Pro memiliki delapan pilihan desain wallpaper dengan 100 desain Watch Face tersedia pada Face Gallery saat arloji dipasangkan dengan aplikasi Realme Link

User Interface (UI) atau antarmuka yang dimiliki Realme Watch S Pro juga terkesan dinamis namun tetap simple dan intuitif -- cocok untuk target pengguna yang merupakan anak muda.

Saat Watch Face digeser ke kanan, arloji akan menampilkan jumlah langkah beserta kalori yang terbakar, pada slide selanjutnya layar menampilkan kondisi cuaca terkini.

Slide selanjutnya catatan pemantau kualitas tidur, kemudian pemantau detak jantung, selanjutnya kontrol musik, serta slide khusus untuk pengaturan cepat layarnya pada ponsel pintar.

Ketika layar diusap ke bawah akan akan muncul "laci" notifikasi, sementara saat layar diusap ke atas hadir 15 pilihan menu dengan desain ikon bulat yang memberi kesan dinamis.

Fitur
Pemantau detak jantung mungkin menjadi fitur yang telah banyak diusung sebuah smartwatch, namun Watch S Pro menghadirkan catatan detak jantung dalam beberapa beberapa jam yang disajikan dalam bentuk grafik.

Baca juga: realme narzo 20 Pro dan plus-minus "charging" super cepat

Baca juga: Realme umumkan "flagship" baru akan dibekali Snapdragon 888


Realme Watch S Pro juga memiliki deteksi kadar oksigen dalam darah. Kadar oksigen dalam darah menjadi salah satu indikator terpenting untuk kesehatan fisik, yang menjadi lebih penting lagi pada pandemi saat ini, di mana setiap orang dituntut untuk tetap bugar.
Fitur deteksi kadar oksigen dalam darah pada Realme Watch S Pro (ANTARA/Arindra Meodia)


Biasanya, deteksi oksigen dalam darah membutuhkan peralatan medis khusus, namun Realme berhasil menghadirkan kemampuan tersebut pada arloji pintarnya. Saat mengukur oksigen, sensor belakang arloji akan berwarna merah, setelah menunggu beberapa saat hasil persentase kadar oksigen akan muncul pada layar.

Fitur kesehatan lainnya adalah monitor oksigen dalam darah sebagai salah satu indikator terpenting kesehatan fisik. Watch S Pro juga memiliki fungsi kesehatan lainnya, termasuk pemantauan langkah, pengingat menetap, pemantauan tidur, pengingat hidrasi, dan relaksasi meditasi.

Khusus pemantau tidur, Watch S Pro akan merekam kualitas tidur, mulai dari durasi tidur, apakah tidur ringan atau terlelap, berapa kali terbangun, hingga mencatat tidur REM (tidur dengan gerak mata cepat) alias tidur bermimpi.

Sebagai asisten kesehatan, Realme Watch S Pro juga mendukung pemantauan olahraga hingga 15 jenis, lari luar ruangan, lari indoor, jalan-jalan di luar ruangan, jalan-jalan indoor, bersepeda luar ruangan, berputar, hiking, renang, basket, yoga, dayung, elliptical, kriket, latihan kekuatan dan latihan bebas.

Watch S Pro juga membawa mode berenang baru dengan ketahanan air 5ATM tahan 50 meter. Mode renang baru juga dapat merekam data olahraga renang secara real-time, termasuk SWLF/Kcal/Length/Type.

Watch S Pro juga mengadopsi sensor GPS yang mendukung lokasi satelit ganda, GPS dan Glonass, online pada saat yang sama. GPS bawaan Realme ini dapat memberikan fungsi perekaman jalur independen untuk berlari, jogging, bersepeda, berjalan kaki.

Baca juga: Rangkuman ponsel "high-end" sepanjang 2020

Performa jam tangan ini ditenagai baterai besar 420mAh yang tertanam di dalamnya, diklaim dapat bertahan hingga 14 hari. Berbeda dari smartwatch kebanyakan yang dapat mengisi daya langsung ke perangkat, Realme membekali dock khusus untuk pengisian daya arloji pintarnya.
Realme Watch S Pro (ANTARA/Arindra Meodia)


Secara konektivitas, Watch S Pro dapat mengontrol pemutar musik dari jarak jauh di smartphone untuk memutar, menjeda, atau beralih ke musik sebelum dan sesudahnya, serta volume, sehingga sangat memudahkan ketika jauh dari ponsel.

Konektivitas Watch S Pro juga mendukung kendali kamera jarak jauh, dan fitur penolakan panggilan karena nomor telepon akan di tampilan pada layar Watch S Pro.

Dengan terhubung ke aplikasi realme Link, Watch S Pro dapat dipasangkan dengan mulus dengan smartphone dan mendukung notifikasi panggilan dan SMS, yang dapat terbaca dengan jelas pada layar smartwatch yang luas.

Notifikasi juga mendukung pesan aplikasi pihak ketiga, antara lain Facebook, WhatsApp, Instagram, YouTube, YouTube Music, Telegram dan Messenger, serta dapat ditambah sesuai kebutuhan.

Realme Watch S Pro terhubung dengan ponsel melalui aplikasi Realme Link yang kini telah tersedia di App Store Apple dan dapat pula diunduh di Play Store Google. Selain pengaturan sinkronisasi notifikasi, aplikasi Realme Link juga dapat memperlihatkan data kesehatan setiap hari.

Dengan desain premium dan beragam fitur yang ditawarkan, Realme Watch S Pro menjadi pilihan bagi mereka yang memang gemar berolahraga maupun mereka yang ingin memiliki smartwatch untuk melengkapi gaya hidup sekaligus tetap menjaga kebugaran.

Baca juga: Realme targetkan 100 gerai resmi di Q1 2021

Baca juga: Realme Watch S Pro bawa fitur lebih kuat dari pendahulunya

Baca juga: Bos Realme bocorkan kehadiran ponsel seri X berikutnya

Oleh Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar